Jumat, 26 Juni 2009

Benar Bintang Utara? (1)

Bukan sebuah hal baru, tapi mari sekilas menjadi mahasiswa astronomi kacangan yang hanya belajar tentang satu titik bidang astronomi. Pasti banyak orang sudah tahu dengan yang namanya Bintang Utara atau istilahnya Polaris.

Ditemukan pertama kali leh William Herschel pada tahun 1780, Polaris terletak sangat dekat dengan kutub langit utara. Polaris juga merupakan bintang paling terang di sebuah rasi yang bernama Ursa Minor, suatu rasi bintang di langit utara, yang namanya berarti "Beruang Kecil" dalam bahasa Latin.

Bintang utara ini berjarak kira-kira 430 tahun cahaya dari bumi, Jarak yang sangat jauh jika dibandingkan jarak matahari ke bumi yang hanya sekitar 8,5 menit cahaya atau bulan yang hanya 1,3 detik cahaya. Ahli astronomi AS menyatakan bahwa Bintang Utara ini 2.000 kali lebih terang dibandingkan Matahari, Sebuah bintang maharaksasa dengan massa 6 kali massa matahari. namun melihat jarak, wajar jika bintang yang paling terang di bumi itu adalah matahari.





Lokasi bintang ini tepat berada di sumbu poros rotasi bumi, letaknya yang spesial menjadikannya sebagai favorit bagi para astronom. Jika bintang-bintang lain bagaikan bergerak mengikuti arah rotasi bumi dari timur ke barat, namun bintang ini tetap pada posisinya. Karena itu bintang ini telah dimanfaatkan oleh manusia sebagai panduan navigasi.

Jika di kutub utara ada polaris, apa di kutub selatan juga ada bintang serupa?
Setelah tak cari-cari di banyak sumber, ternyata di kutub selatan bumi juga ada.
Ada sebuah bintang bernama Sigma Octantis. Bintang itu tidak seterkenal bintang seberangnya karena Sigma Octantis adalah bintang redup yang hampir-hampir tidak bisa dilihat dengan mata yang tidak berbaju (apa coba). Dalam terminologi astronomi, polaris 25 kali lebih terang daripada bintang ini. Oleh karena itu, kebanyakan orang awam lebih mengenal polaris daripada bintang ini, padahal keduanya menempati posisi yang sangat unik, yaitu sama-sama pada sumbu poros bumi.

Dengan begitu, pernahkah terpikir oleh kita semua bahwa kedua bintang kutub ini seperti bintang penjaga stabilnya rotasi bumi. Jika kedua posisi bintang dihubungkan, maka itulah sumbu poros bumi dengan kedua bintang pada ujungnya. Jika kita bayangkan, ini seperti tali jemuran. Polaris adalah ujung pancang satunya, dan Sigma Octantis ujung lainnya, bintang-bintang lain berotasi mengelilingi bumi sementara kedudukan mereka tetap, seperti seorang pemimpin yang menjaga segala sesuatunya agar tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Apakah karena hal itu nama Bintang Utara nongol di atas?
tauh ah, lihat part 2 nya ntar saja.


Data dari berbagai sumber



47 komentar:

  1. baru tau saya kalo bintang utara itu adalah polaris.. huehehe

    btw nice posting.. dtunggu lanjutannya.. :D

    BalasHapus
  2. polaris..jadi inget film mandarin yang mengharu biru itu.
    ditunggu kelanjutannya

    BalasHapus
  3. Mocca-chi, salam kenal, kunjungan pertama :) keren infonya, baru aku tahu...

    BalasHapus
  4. ok ditunggu part 2 nya. btw, aku gak ganti lho warna hurufnya.

    BalasHapus
  5. hmmm.... ini ya ternyata bintang utara? polaris? kayak racun hama aja namanya...

    BalasHapus
  6. hm....
    info yang bagus chi...baru tahu aku...

    BalasHapus
  7. part 2 nya kapan? kayak sinetron ajah semua...

    BalasHapus
  8. apaaa??? anna menyela seppamm ku?? nggak mauuuu....

    1

    2

    3

    4

    dst seharusnya zujoe cakep

    BalasHapus
  9. makan siang ahh... ada yang mau ikutan? sambil menatap bintang-bintang di templatenya nchi dududz... yang kayak ketombe ntuh...

    BalasHapus
  10. ati-ati... flu babi dah nyampe bali...

    BalasHapus
  11. wha, joe mo jadi top koment nih. ngalahin aku ya

    BalasHapus
  12. Aslmkm,,,,, sahabat blogger semuanya..... pa kabar.. pagi nih.... aku mau pamit nih... beberapa bulan mendatang.. aku absen ngeBlog....

    BalasHapus
  13. Wah bintang utara mag cihuy.. Yg pnya bntg jg asik !

    BalasHapus
  14. Aha ...jadi itu to yang menginspirasimu membuat nama blog ini " Bintang Utara ".
    Waduh jaraknya jauh amat mudah2an ngak ngaruh untuk menggapai bintang , mimpi dan harapannya.
    nice sharing

    BalasHapus
  15. saya tunggu yang ke dua
    templates nya bagus

    BalasHapus
  16. sekali dududz tetep ajah dududz...

    dududz... forever...

    BalasHapus
  17. wow baru tau neh chi.. hehe
    part 2 nya kapan keluar ?
    pnasaran nii...

    BalasHapus
  18. Hmmmm... pantes aja nama Bintang Utara itu di gandrungi banyak cowok, termasuk yg suka miara kutu kucing, lha pnampilannya cuantiq gitu, hehehe..

    Btw, setting emailnya uda bisa apa belum Chi?? Aku uda bisa nih, udah aku praktekin juga. Gimana??

    BalasHapus
  19. ini templetnya ganti apa aku salah mampir ya chi...

    BalasHapus
  20. belum baca, nyepam dulu coalnya otak masih heng abis kutak-katik template.... HUH.....

    BalasHapus
  21. wah, ternyata bintang utara itu lebih gede dari matahari yahh, baru tau :D, berarti bintang utara lebih panas dari matahari donk heuehueheue,

    BalasHapus
  22. waspadalah, waspadalah .... karena mocha chi badannya bisa jadi panas wkwkkwkwkw

    BalasHapus
  23. yah pada nyepam di sini yahhh, ikutan ahhh,sambil nunggu part 2 yang sepertinya bakalan lebih seru lagiihhh ...

    BalasHapus
  24. oh itu yg namanya bintang utara..... aq kok gak pernah bisa menemukannya yak....

    BalasHapus
  25. eh lupa, mau gangguin yang lagi buat emotion ah, heuheuehue

    BUZZZZZ !!!!!

    BalasHapus
  26. walaaahhhhh didului si jonk tuch.... pentung2 jonk

    BalasHapus
  27. pusing oe, nyoba nyoba ga mau :((

    BalasHapus
  28. testing-testing :a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q:

    BalasHapus
  29. test juga... :a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q:

    BalasHapus
  30. jiahhhahh... hihi... nyampe n doank *kayak mamak vie ajah*

    BalasHapus
  31. yes yes yes, mau dia gambarnya, wuakaakaaa

    BalasHapus
  32. pelajaran IPA atau SEJARAH perbintangan neh?? atau mau cerita tentang asal-usul nenek moyang?? chii... kenapa templatena ganti lagi???

    BalasHapus
  33. si Meong garong itu bilang semua orang Bali Dududz
    ayo kita cabuti kukunya aja!!

    baru tahu kenapa di sebut bintang utara..

    Mocha Chi. yang ngremik di Fesbuk tentang cowo dudul yang punya pacar banyak itu beneran
    tapi bukan Bli Jati alias LookJ
    dia sih baik
    Tapi orang lain, yang katanya pacar tapi gak mau ngaku pacar..
    he..he

    BalasHapus
  34. si moci ganti template karena dikatain mulu sama zujoe ya? NYAHAHAHAHAHAHAHA

    BalasHapus
  35. aku jadi penasaran pengin yang kedua,jangan lama-lama ya...

    BalasHapus
  36. yupss seneng baca2 yang beginian...buruan pasrt2 nya jangan pake lama ya ya ya...

    BalasHapus
  37. :a: numpang pura-pura baca seriuss ahh pagi2 soale nggak ada koran hihi....

    :n: kutu kucingku lari ke mana ya satu???

    :e: sssstttt... jangan bilang-bilang kalo itik dari bali ntu sama nchi sama2 dari bali... dan sama2 dududzz...

    BalasHapus
  38. hihihi.... ada yang salah gambar nih masak yang "b" koq hasilnya ini :b: kalo a? koq nggak ada? test :a:

    BalasHapus
  39. ini kucing cerewet banget sihhh :i:

    BalasHapus
  40. chi..kok gambar emo gak muncul? di kamu muncul.
    :b:

    BalasHapus
  41. :l: test lagi ditempatmu. maaakkk...emoticonku gak muncul.

    BalasHapus
  42. info yang sangaat menariiikkk...ella sukaaaa.... :j:

    BalasHapus
  43. munculnya bintang polaris itu kapan ?

    BalasHapus