Selasa, 14 Juli 2009

Mitologi Kucing Luar Negeri

Mitos adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari masyarakat Indonesia, apalagi jika sudah mengandung tahayul-tahayul mengerikan yang berhubungan dengan keselamatan. Salah satunya yaitu soal kucing hitam. Kucing hitam identik dengan ilmu hitam yang mengerikan, namun ternyata tidak di Indonesia saja loh. Ada banyak mitos-mitos tentang kucing di luar negeri sana.

.

Pada abad ke 13, Di Eropa sana, kucing sering dianggap berasosiasi dengan penyihir dan sering dibunuh dengan dibakar atau dilempar dari tempat tinggi. Pada jaman itu, kucing mendapat reputasi jelek karena dianggap sebagai roh yang membantu para penyihir.MySpace Terlebih kucing hitam, dianggap berhubungan erat dengan dunia sihir menyihir. Pada tahun 1854, ditulis sebuah buku yang menyatakan bahwa seorang penyihir mampu berubah bentuk jadi kucing maksimal sebanyak 9 kali. Kemungkinan besar inilah asal muasal istilah kucing mempunyai 9 nyawa.

Ada pula yang mempercayai bahwa kucing dapat menghisap nafas bayi, alasannya kucing hanya menyukai bau susu yang tercium dari bayi. Mitos lucu lainnya mengatakan bahwa semua orang di rumah akan terserang flu jika ada seekor kucing bersin sebanyak tiga kali di rumah itu. Hiii... jangan-jangan kena flu kucing. MySpace

Selain itu ada beberapa lagi mitos tentang kucing, beberapa mitos itu tidak jauh beda dengan mitos yang ada di Indonesia, diantaranya; Hujan akan segera turun bila seekor kucing mencuci/membersihkan mukanya; Badai akan datang bila ada seekor kucing menjilati ekornya; Kucing mengeong di atas geladak kapal tanda perjalanan melaut akan penuh kesulitan; Kucing yang muncul pada acara perkawinan dipercaya membawa keberuntungan dan Anak kucing yang lahir di bulan Mei tidak akan pernah menjadi pemburu tikus yang baik. Eh, si kucing Garong itu lahir bulan apa ya? MySpace


Sebuah catatan menyebutkan bahwa pada tahun 1.800-an ditemukan kuburan yang berisikan 300.000 mumi kucing. Mumi kucing itu utuh, pertanda bahwa memang kucing itu semasa baru mati sengaja dimumikan seperti raja-raja mesir. hal itu menandakan bahwa kucing juga jadi hewan spesial. Bahkan orang mesir kuno menganggap kucing adalah penjelmaan Dewi Bast. Karena hewan spesial, maka barang siapa yang membunuh kucing akan dihukum mati. Ciayahoo....MySpace

Saat ini, orang masih percaya bahwa kucing hitam adalah pembawa sial sementara ada yang percaya bahwa kucing hitam justru membawa keberuntungan. Kucing juga masih diasosiasikan dengan sihir. Kucing hitam sering diasosiasikan dengan Halloween. Lha bukannya halowwen itu identik dengan hantu labu ya? hiii

Ada satu lagi yang unik tentang kucing luar negeri. Pada zodiak cina/Tionghoa, terdapat berbagai hewan-hewan seperti ular, tikus, ataupun kerbau. Kenapa kucing tidak termasuk ya?
Konon katanya, Ketika raja langit mengadakan pesta untuk hewan yang akan dipilih jadi zodiak, beliau mengutus tikus untuk mengundang hewan-hewan tersebut. Namun ternyata sang tikus tidak mengundang kucing entah itu karena lupa, ataupun tikus menipu kucing, namun pada akhirnya kucing tidak hadir dan tidak terpilih jadi zodiak. Cerita itu juga melatarbelakangi soal permusuhan kucing dan tikus, sampai sekarang.MySpace

Karena mitos seram itu, aku masih juga heran kenapa banyak orang yang doyan sama kucing ya? ckk ckk ckk


N.b Diambil dari banyak sumber, terutama dari wikipedia dan kucingkita.com

102 komentar:

  1. yesss pertamaxx.... :n:

    BalasHapus
  2. kalo diliat sekilas...kayaknya keren nih... :b: baca ahh....

    BalasHapus
  3. hohoho... itu artinya kucing emang kerenn... :g:

    BalasHapus
  4. tentu aja ente pertamax, udah ada genteng yg bocor tohhh :l:

    BalasHapus
  5. mana ada sejarahnya kucing mengerikan... tiu hanya cerita karangan orang2 yang sirik ma kucing ajah... :d:

    BalasHapus
  6. napa sih ente nyela komenganku... tak cakar ente :l:

    BalasHapus
  7. mengenai kenapa kucing nggak ada di shio bukan karena itu chi... dududzz ente...

    itu karena dulu kaisar china itu sangat mengagumi kucing dan menghormati kucing yang di anggap sebagai penjelmaan dewa hohoho... *jangan prutes* karena di samakan dewa makanya nggak di masukin ke daftar shio di dunia ... yesss....

    BalasHapus
  8. sapa bilang kucing item serem!!!!! aiaaaa.... mana sih pendukungku... ayo kita sate makhluk dududz dari bali ini... huhh.... :a:

    BalasHapus
  9. kalo dateng lagi tika ma teh linda serta mamak vie... abislah dan tamatlah riwayat perkucingan di hina huuuu.... :d:

    BalasHapus
  10. hihi... banyak bener sepamku... :e:... abisnya jengkel aku :n:

    BalasHapus
  11. pulang ahh... mo makan aku... sate nchi... :g:

    BalasHapus
  12. ente ntu yang ngarang, wong ane uda minta wangsit tadi am kaisar cinanya, beliau bilangnya begitu tuh, lagian kan dewa langit lebih tinggi dari kaisar cina,berarti yg versi dewa langit yang bener :a:

    BalasHapus
  13. kucing... walaupun begitu aq masih suka loh... coalnya kucing itu lucu..... :j:

    BalasHapus
  14. busyet dah komentnya dipenuhi sama kucing garong :d:

    nchi kasih anjing penjaga napa? biar si kucing garong satu ini gak nyepamm banyak bener... disapu nchi biar gak kotor blognya coalnya barusan ada tamu kucing garong loh.... ati2 nchi :e:

    BalasHapus
  15. tapi walaupun beitu juga, aq juga takut loh kalau liat kucing warnanya item gak ada warna sama sekali cuman item ajah, emang siy keliatan serem.... kadang malah gak mau dipegang kayak menyendiri gituh..... tp kucing itu lucu loh nchi..... :g:

    BalasHapus
  16. Mitos lucu lainnya mengatakan bahwa semua orang di rumah akan terserang flu jika ada seekor kucing bersin sebanyak tiga kali di rumah itu.

    aq gak setujuuuu...... gak percaya aq sama mitos yg ini, lah wong kucing yg datang kerumahku sering bersin sampe tiga kali tp kok ya gak kena flu orang serumahku..... kalau khusus mitos ini emang aq gak percaya nchi.... soalnya udah terbukti dirumahku selama aq punya kucing gak pernah tuch sekeluargaku kena flu ketika kucingku bersin 3 kali, malah lucu loh liat kucing bersin..... :g:

    BalasHapus
  17. :e: percuma viet, di kasih anjing penjaga juga
    dia kan takutnya suka sama tikus

    BalasHapus
  18. Hujan akan segera turun bila seekor kucing mencuci/membersihkan mukanya.

    Lah gimana kucing bisa membersihkan mukanya atau mencuci??? Lah wong kucing itu takut air kok, takut banget malah.... aq ajah sampe berusaha keras biar kucing2 milikku bisa mandi..... jadi kalau yg ini kayaknya mitosnya gak bisa dipercaya juga..... :g:

    BalasHapus
  19. :a: waaaahhh teh tika nyela spammku.....
    kucing sama tikus??? ntar tikusnya yg digarong teh.... mending kasih anjing penjaga ajah.... :e:

    BalasHapus
  20. :b: tika bingung kucing tuh harusny di sayang
    tapi klo kucing tipe zujoe sih tika g yakin bisa d sayang
    cuma suzhu-lah yang pasrah sayang ma tuh kucing :j:

    BalasHapus
  21. badai akan datang bila ada seekor kucing menjilati ekornya.

    1 lagi yg kutau mitos ini gak berpengaruh kayaknya :g:
    aq udah berkali-kali ngeliat kucing menjilati ekornya, dan gak ada badai yg datang.....

    ehem-ehem udah ach cuman segitu ajah dech, kasian nchi ntar yg bikin postingan ini mitosnya aq sanggah terus :g:

    peace nchi....

    BalasHapus
  22. :j: maap vit, kirain udah pulang

    gpp deh kita ngotorin rumahnya nchi aja :g:

    BalasHapus
  23. walaaaahhhhh teh tika nyela lagih.... :d:

    udah ach.... pulang ajah dech..... :f:

    BalasHapus
  24. eh ia lupa bilang, udah jadi 1 kolom niy blognya.... :g:

    BalasHapus
  25. ada 1 lagi mitos,
    kl mandiin kucing bisa bikin ujan, pdhl g juga deh..
    dl tika pernah punya kucing, jadwal mandinya 1 bulan sekali pake sampo clear trus pake bedak doris, tp ga ujan tuh...
    kl mpus pake sampe apa yah???koq kutu2nya merajalela??

    BalasHapus
  26. mwhahahahhahaah........
    (gak ada emo ktawa guling2 yak?)

    BalasHapus
  27. beginilah kalo para spammers berkumpul ckckckckck.... udh kek plurk aja nih blog :k:

    BalasHapus
  28. kalian itu, uda dibilang mitos, namanya mitos ga tau bener ga tau salahnya. bujubuneng, nyepam nya ga kira kira nih anak anak :l:

    BalasHapus
  29. mana si kucing butut bekutu?
    dia bny bnr nyepamnyaah....pasti dia uring2an krn diblg kucing jelek yg gk ada di shio :g:

    cing...relakan sajalah klo dikau itu emang jelek huhuhuuhu....

    BalasHapus
  30. :h: kenyang abis makan leupeut nih

    BalasHapus
  31. jiaahhh....
    yg [punya blog marah2 jg krn nyepam semua hahwhahahahahaha.....

    pentung2 aja nchi si kucing :d:

    BalasHapus
  32. @zujoe, jgn disatein tp kita rujak aja :k:

    BalasHapus
  33. :j: jadi kangen ma almarhum kucing2 ku

    mereka di tanem di belakang kamar, sekarang mereka udah jadi apa yah :n:

    BalasHapus
  34. tp nchi...
    klo kucing hitam emang nakutin deh...
    di pilem jg kan gitu gak di indo di luar jg pasti klo kluar kucing item identik dgn kucing garong eh salah...ama yg hantu2 gitu deehh

    BalasHapus
  35. kucing ga ada di shio soalnya tikus sentimen ma kucing yg hobi nyakarin dia..makanya dia bales dendam ga ngasihin undangannya ke kucing..uhhh tikus dududzz

    BalasHapus
  36. di rujaakkkk??? :l:

    tambah mangga muda yah jangan lupa :j:

    BalasHapus
  37. haiyah Tikaaaa....
    ya pasti udh habislah dia dimakan cacing spt si nagabonar itu blg si bujangg...

    aku gak terlalu suka kucing, krn bulunya bikin batuk, tp klo liat poto2na yg imut2 sih it's okelah...

    BalasHapus
  38. keknya gk akan abis2 nih plurk blog disini... :g:

    smbl mkn deh...enyak...lg mkn baso plus gorengan pake cengek banhayykkk..huh hah huh hah...pedeesss

    BalasHapus
  39. @te3ka aq turut beduka :j: sabar yaks untung neng aia belum kesini klo gag dia bakaln sedih sampe guling2

    BalasHapus
  40. nchi..gambar kucingnya kurang item tuw yg jadi ucing penyihirkan yg item gelap :n:

    BalasHapus
  41. kok kayaknya Moci lagi doyan ma kucing yak? postingnya rada sentimen sama kucing, apa ni maksudnya buat kucing berkutu itu yak? :n:

    BalasHapus
  42. :c: pake parfume dl, baunya si kucing mulai nempel nih di rumahnya nchi

    BalasHapus
  43. wkwkwkwk..tambahin sambel juga te3ka..sekalian ma semangka yaks

    @teh linda mau?

    BalasHapus
  44. mmmmm, setuju juga siy kalo kucing ntu 'mengerikan', hehehe, di tempatku gara2 1 kucing mati, ayam 1 kandang terbantai hiahahahaaa... :a::g:

    BalasHapus
  45. mengenai masalah ayam terbantai itu, silakan bertanya pada saree *pssst*:e:she'll tell you the secrets :k:

    BalasHapus
  46. Bused bujubuneng, plurk beneran nih ya, anak anak doyan banget nyepam,apalagi klo topiknya kucing. lama lama aku mikir,berarti semua orang suka kucing ya, :l:

    @ Sari, no way lah, biarpun ane ga seneng kucing, tpi ane ga sentimen am kucing, tpi sentimen sama yg suka nyolong ikan si iya

    @nobi insyaflah dikau wahai pembantai ayam, membantai ayam ga baik, tar flu ayamnya ga slese slese lohh :d:

    BalasHapus
  47. berati harus hati2 sama si Joe nih. jangan2 dia ...hiii...kabur aja deh...

    BalasHapus
  48. kucing garong? :j: mungkin tanggal 30 Februari mbak... hehehe :g:

    BalasHapus
  49. hihi... emonya bececeran nggak rata tengah gitu... dududzz ahh... :n:

    BalasHapus
  50. waaaahhhhh maybe yes maybe no wes.... :g:

    BalasHapus
  51. wakakaakka.......ahahhahahhah.......

    oh begitu toh sejarah kucing..ternyata oh ternyata....

    iihhhh....sereem yaaa....aduh gimana nih...kita kan punya temen sang kucing garong...

    aduuh ella takut dicakar nih :l:

    BalasHapus
  52. nchi dududz.....

    lg bwngong niih :k:

    BalasHapus
  53. Tikus nya berkonspirasi menjegal kucing biar gak kepilih sebagai lambang zodiak... makanya kucing jadi dendam banget tuhh... kayak politik ajahh hahhaaa...

    BalasHapus
  54. :h: sore2 dah ngantukk...

    kayaknya zujoe seneng tuhh temennya di bahas sama nchi...

    BalasHapus
  55. nchiii...ada sesuatu tuh di blog anee... ambil yack ... mau?

    BalasHapus
  56. Huahahaha... Mas zujoe ngamuk2 ntuh,, mpe nyepamnya ga ketulungan...

    Aku suka koq sama kucing,,tp klo kucing item emg serem jg kaliii...

    BalasHapus
  57. Huahahaha... Mas zujoe ngamuk2 ntuh,, mpe nyepamnya ga ketulungan...

    Aku suka koq sama kucing,,tp klo kucing item emg serem jg kaliii...

    BalasHapus
  58. aku sih ke kucing biasa-biasa aja, ga takut tapi ga begitu seneng... :e:

    BalasHapus
  59. hweee...kok seram sih mitosnya?

    BalasHapus
  60. MLm chi..

    Link nya dah di psng koq..

    Blog listnya Laksamana di bawah x.. coba di intip dh..

    BalasHapus
  61. yang dimaksud doyan tu doyan makan kucing atau doyan pliara kucing?

    BalasHapus
  62. xixixixixi, mitos yang keren

    jadi kalau misalnya zujoe ma chi lagi berantem , siapa yang jadi kucing siapa yang jadi mouse , wkwkwkkwkwkwkkw

    BalasHapus
  63. ah tapi dont wori bi hepi lah, walaupun mitos2 nya serem2 tapi diriku tetap LOve kucing hahahahaha

    keculai kucing zujoe :P, banyak kutunya :c:

    BalasHapus
  64. nyepamnya 3 aja ah heuheuheu, besok lagi :g:

    BalasHapus
  65. kucing???aku suka yang anggora dech
    hehehehehe

    BalasHapus
  66. FLU kucing?
    ajib juga tuh chi.

    BalasHapus
  67. beneran tuh soal kucing?
    wakakakakkak
    dapat ilmu juga nih.
    gehehe

    BalasHapus
  68. oiya
    koment post baru ak chi.
    ada yang baru.
    skelian promosi
    spam ato koment sama aja.
    :D

    BalasHapus
  69. udah ah spamnya
    capek chi.
    hehe :D


    ____________:ngacir:

    BalasHapus
  70. komentarku ada di filem tom and jerry http://i306.photobucket.com/albums/nn252/cebong_ipit/ALL%20EMOTICON/white%20kitten/cute-white-kitten-head-emoticon-81.gif

    BalasHapus
  71. Kucing memang asyik buat dipelihara...mitos yg beredar kayaknya harus jadi pemikiran juga

    BalasHapus
  72. duduudz....
    apdeettt!!!!! :d:

    BalasHapus
  73. HA-ha-ha ...dikau ini ayak-ayak wae deh neng.
    Any way ulasannya tentang kucing ternyata bisa nendang juga ya

    BalasHapus
  74. hm.....mitos kenapa ntu kucing gak jadi zodiak china ntu kali ja bener.....soalnya saya punya temen rambutnya udh botak (umur segini!!!) katanya si waktu raja langit bagiin rambut dianya gak dateng...ya jd gitu deh!!!!:e:

    BalasHapus
  75. postingan khusus utnuk zujoekah??

    BalasHapus
  76. :n: mumpung yang punya rumah nggak ada...

    nchiiiiii dududuuuuuuuuuuuuuuuuuuuddddzzz.....!!!!

    BalasHapus
  77. wuiiihhh.... komenganku emang bener2 bermutu semua... nyampe angka 209 lebih... hebatnya aku ini.... :c:

    BalasHapus
  78. beuuuhhhh zujoe ini dimana-mana nyebarin kutu ajah, masak disini sampe 210 gituh..... nchi sering2 bersih2 yak biar kutunya gak kemana-mana :e:

    BalasHapus
  79. Waduh,..kucing kutu kupret jadi ge er dong !

    BalasHapus
  80. wkwkwkkwkwkwk..
    permisi bebek ku mau lewat ..



    *salam kenal dari orang baru :g:

    BalasHapus
  81. si joe pasti geer nih kalo kamu posting ttg kucing.

    BalasHapus
  82. nchi..aq gag suka inpotaimen tap suka ngegosip niy...ada yg seru gag?

    asal jgn gosipin cowo korea soalnya zujoe banget hahahahaha... :g:

    BalasHapus
  83. maen bola ah :m: umm...blog ini blom disebarin 500 kutu :n: masih dikit perlu ditambah lagi

    BalasHapus
  84. @ayu: yuuu...kesini juga mo blogwalking kesana akh.. mocca_chi masih bobo :h:

    BalasHapus
  85. duuuh... gak jadi nyepam deeeh... udah banyak bener... sampek pusing bacanyaah.. huhuhuhuhuh.... tapi... kucing is beautipoul.. mau kucing garong... mau kucing item... mau kucing arab... yang ponting gak penyakitan aja deeh... huhuhuhuhu...

    i love kucing so mucyh

    BalasHapus
  86. duuuh... gak jadi nyepam deeeh... udah banyak bener... sampek pusing bacanyaah.. huhuhuhuhuh.... tapi... kucing is beautipoul.. mau kucing garong... mau kucing item... mau kucing arab... yang ponting gak penyakitan aja deeh... huhuhuhuhu...

    i love kucing so mucyh

    BalasHapus
  87. ular dengan 2 garis putih di pundaknya serta anjing yang hitam legam dengan 2 titik putih di atas matanya :(

    BalasHapus
  88. moccaaaaaaaaaa,,,

    aku ga doyan kucing
    jijikkk ahh,,
    kadang kalo ada kucing deket gue, bulu kuduk langsung merinding....

    BalasHapus
  89. ahhh tenyata bisaaa

    horeeyyyyy,,,,gampang ternyata
    :m:

    BalasHapus
  90. setuju ma rangga... kucing is beautifull.... :c:

    BalasHapus
  91. nchi..laper!! ada yg bisa dimakan gag :j:

    BalasHapus
  92. rajin amat nyari mitos beginian???

    kucing tetep aja kucing,, mahluk lucu dan menggemaskan.. kayak aku nih...

    BalasHapus
  93. Heem lucu banget kucingnya..kalo soal mitos aku pernah mendengar kalo ada orang mati dan dilewati kucing hitam diatasnya maka mayat itu akan hidup kembali dengan catatan mayat itu tidak boleh melebihi satu malam setelah kepergiannya entah itu benar atau hanya bualan tapi itulaah mitos yang masih diragukan kebenarannya dan adalagi kalo bahwa kucing itu "malati" kalo neng enggak ngerti aku akan jelasin..kalo neng berbuat baik pada kucing itu maka hidup neng akan lebih baik tapi sebaliknya kalo neng menyiksa kucing itu maka suatu saat nanti kucing itu akan membalasnya 1000 kali lipat kalo ini aku percaya karena ada buktinya,,selama aku merawat kucing aku hidup aku enggak mengalami kesulitan tapi tetangga aku ada yang benci banget sama kucing hingga suatu saat kucing itu disiksa hingga mati dan akhirnya orang itu menjadi gila sampai dimenghembuskan nafas terakhirnya..*jadi berinding*

    BalasHapus
  94. first visit nich...blognya lucu hehe...asyik!! lam kenal yach!

    BalasHapus

About