Senin, 06 Juli 2009

Saya Mau Mulai Lagi Dari Nol

Suatu pagi, aku menerima pesan di wall pesbukku, dari satu teman yang tinggal di Surabaya.

Aku yg mau bilang: ingin memulai hidup dari nol lagi.bgmn caranya ya?? siap ga aku ya??


Seringkali kita mendengar orang mengatakan hal ini, sebagai salah satu bentuk ungkapan bahwa ia ingin memulai sesuatu untuk merubah keadaannya yang sekarang. Ucapan itu sudah seperti peribahasa, atau apa ya, istilahnya sebuah ungkapan kiasan dengan arti yang sudah diketahui semua orang, yakni bahwa ia mau mengulang satu bagian hidupnya dari awal.

Namun, pernah ga mikir, apakah kita memang benar memulai sesuatu dari NOL? Jika ditelaah lagi, banyak orang memakai sesuatu karena kelaziman, karena kebiasaan orang-orang disekitarnya memakai kata itu. Semua orang sudah tahu artinya, seperti istilah makan hati.

Makna dari ungkapan "mulai dari nol" berarti kita dalam keadaan ga ada apa apa sama sekali, NOL kosong, dan tahu kan artinya NOL?

Tetapi, saat orang itu memulai sesuatu yang dia bilang dari NOL, dia sudah punya sesuatu yang merupakan sisa dari sebelumnya, sesuatu yang ia bisa pakai modal. Modal itu bisa apa saja, karena kehidupan itu tidak akan pernah benar-benar dalam keadaan NOL.

Kurasa, tidak ada sesuatu yang benar-benar habis di dunia ini, apalagi sesuatu yang ga konkrit seperti modal. Kurasa ungkapan seperti itu hiperbolis.

Dan, mana ada orang berhitung mulai dari angka NOL. Anak TK saja ngitung mulai dari SATU, bukan dari NOL. MySpace

"Anak-anak, ayo mulai menghitung,"
"Iya, Bu! Satu.. dua... tiga......."MySpace

57 komentar:

  1. :m: asyiiiiikkk..nggak rugi mantengin di sini.. :g:

    BalasHapus
  2. Pantesan yang di posting sebelumnya nggak di jawab jawab.....enchi lagi mosting ya tadi....maaf ya...

    BalasHapus
  3. Duuuh pesan dinding di fb ajah jadi postingan berinspirasi gini...kerennnnnnn..
    ntar buwel nulis sesuatu wes di dinding alzheta

    :g:

    BalasHapus
  4. Nglanjutin berhitung yuuuks....empat

    :l:

    BalasHapus
  5. Mungkin makna dari nol menurut buwel itu berarti kita memulai hidup yang baru, biasanya perubahan nya baik lho.......kita menghapus semua angka2 yang jelek dengan maksud agar angka2 kita baek nanti nya....gitu....bisa di terima nggak neh....apa salah ya...?

    BalasHapus
  6. Naaah mangkanya tepat tuh kata modal di atas tadi....iya nggak...?

    BalasHapus
  7. Duuuuh yang lain kemana sih chi...? :a:

    BalasHapus
  8. iya wes ngitung sendiri dulu yak.....limaaa

    BalasHapus
  9. Wahai Para spammers datanglahhhhh

    BalasHapus
  10. jahh... 1-11 bang buwel semua??? :j: *ga menemukan emotikon yg tepat

    BalasHapus
  11. Pada kemana ya chi.....?

    BalasHapus
  12. buweeeeeeeellllll... nyepam mulu nih, pantesan disuruh bayar 100o USD.

    BalasHapus
  13. wakakakakkak :g: udah ada nietha neh....bye bye dulu yak....biar nietha nya ikutan nyepamm...kekekeeekkeke

    BalasHapus
  14. iya juga yach.... semua berawal dari 1, nah kalau dari nol berarti abis gak ada ilang..... :l:

    BalasHapus
  15. wuakakakakakak sekarang dipenuhi mas buwel niy.... kayaknya zujoe ada saingan spammer niy :g:

    BalasHapus
  16. ya emang sih maksudnya baik biar dia bisa mulai dari awam lagi.... tp emang bukannya nol itu arti kata abis, ilang gak ada sama sekali..... :j:

    bingung ach..... widiiiihhhhh mas buwel nyepamm gak kira2 tuch..... :n:

    BalasHapus
  17. loh-loh nchi kok ya emonya bisa ada dua j-nya.... padahal aq maunya yg satunya kok ya yang keluar yg :j: ini..... wah-wah ganti nchi emonya biar gak sama kodenya yg j ntu....

    eh kayaknya zujoe emang lagi sibuk niy.... ehm sibuk ngurusin kucingnya kali yach besok kan mau pencontrengan.... nchi mau nyontreng mukanya siapa??? :g:

    BalasHapus
  18. @buwel, pada nikahan masal di rumah tetangga tuh :e: ga ikut?

    @nietha, iya, ambil kurungan gih, kurung dia dan abwa ke pasar

    @mamak, muka siapa ya, mukanya teh linda aj kali ya :g:

    BalasHapus
  19. halah vie vie wong kowe ya nyepamm kok...gaya mu iku lho.... :g:

    BalasHapus
  20. Aku pengen nyoba, tapi blom punya nyali n blom kuat modal *lhoooo...*

    BalasHapus
  21. Mungkin aja, maksudnya, pengen buka lembaran baru, dan ngelupain masa lalu Chi...

    Tapi, emang bener, kita ga bakal pernah bisa memulai hidup dari NOL, kecuali, sudah pada titik nadir, itupun kalo yg penguasa alam semesta ini stop bernafas. (halah, kok jadi panjang??) hehe.

    Ada YM, tapi selalu invisible, wakakakakkk.. boleh coba add di asri_lovely
    see u there.

    xx

    BalasHapus
  22. iyah mba mulai dari nol tuh salah, masa harus mulai dari nol, yang bener itu kita harus mulai dari kosong, coba aja pasti kedengerannya lebih enak

    Mari kita mulai hidup kita dari kosong lagi !!!

    nah lebih enak kan???

    BalasHapus
  23. benar juga. mana ada yg hitung dari nol. :f:

    BalasHapus
  24. Nieh kok pada ngobrol siang yoh? Wes wes mau nibrung tp dah telat. Nitip mobii ja dah ! Jagain ya chi ?

    BalasHapus
  25. lebih baik dengan tidak mengatakan mulai hidup dari nol.. tapi memulai hidup dengan yang dijalani sekarang.

    dan saya beruntung memiliki seseorang yang mengerti :)

    but she's more than that ;)

    BalasHapus
  26. mending mulai dari nol chi???? kali dari minus....mau minus berapa dunk?!?!?!

    hahahaha...mungkin mulai dari nol itu maksudnya mengulang dari kondisi dimana tidak ada menjadi ada atau mundur pada kondisi mulai lagi dari awal entah itu pekerjaan ataupun bagian lain dari hidup!!!!

    kalo komputer di restart kali!!!

    BalasHapus
  27. daripada minus , mending nol... :g:

    BalasHapus
  28. sorry slogannya ketinggalan ...mau?

    BalasHapus
  29. Hi…



    Ada info penting banget nih.. Tahun ini Jawaban.Com kembali mengadakan event gede-gedean untuk Para Bloger Kristen, yaitu Christian Indonesian Blogger Festival 2009 (CIBfest 2009). CIBfest kali ini bertema "Menjadi Jawaban Melalui Kreativitas Yang Berdampak". Ada hadiah berupa uang tunai Rp. 15 Juta Rupiah untuk 3 orang pemenang.Pastikan kamu ikutan juga Writing Competitionnya, siapa tahu hasil tulisan kamu terpilih untuk dibukukan! Yupz, Jawaban.Com bekerjasama dengan PT. Elex Media Komputindo akan menerbitkan buku kumpulan karya finalis CIBfest. Kamu ingin ikut terlibat dalam event ini? Caranya gampang dan Gratis!!! Ayo buruan daftar!! Pendaftaran terakhir tgl 30 Agustus 2009 loh.. Jadi log on langsung ke www.cibfest.jawaban.com



    Di tunggu yaaa….. God Bless…

    BalasHapus
  30. mungkin biar orang pada percaya atau ia membagakan diri atas usahanya,yang tepat mungkin dengan kata "dari modal kecil"aja gitu lo...

    BalasHapus
  31. wakakakkakka
    bener banget tu,,
    anak tk emang kalu ngitung mulai dari satu kok
    hehehehehe

    BalasHapus
  32. insflah wahai para spammmer !!!! :a:

    BalasHapus
  33. diriku gak nyepam cuma pipis :g: ...

    BalasHapus
  34. NOL cuma sebagai kiasan kali ya Chi, tapi emang gak mungkin sih mulai dari nol

    kalau dari nol, orang itu harus gak pake baju dulu kayaknya :h:

    BalasHapus
  35. maap bolehkah buwel mengacau kembali rumah mu chi...?

    BalasHapus
  36. siap buk guru
    ngitungnya dari 10 aja
    biar cepet selesai

    BalasHapus
  37. kejauhhan darinol mending dari satu dua tiga :g: :g: :g:

    BalasHapus
  38. Angka 0 (nol) sama KOSONG beda dunk artinya. Pagerank aja kalo kosong di tulis N/A. Tapi kalo yang di atas kosong dibawah 1 di tulis 0.
    :b::b::b::b::b:
    Setuju...Memulai hidup dari nol emank kayaknya agak keliru dari segi makna. Tapi karena udah terbisa dipakai sebagai istilah umum. Yang ada mungkin memulai hidup dengan sisa2 yang ada.

    BalasHapus
  39. anjrit bang buwel 11 terdepan cing :)
    permainan otak ini... ngitung satu apa nol dulu yaaa buat yg pertama?!?!? yg jls sii klu blogging, nemunya 'pertamaxxx' bukan nya 'nolaxxx'.. cakap opo tokh kui...?!?!?!

    BalasHapus
  40. whats...anjrittttt @genial: :l:

    BalasHapus
  41. :a: loh... aku koq lom ngomeng di sini ya??? kenapa bisa????? :l:

    BalasHapus
  42. ya sudahlah... cuma sebagai pelengkapa aja dehh... :j:

    BalasHapus
  43. :b: nchi ini dududz bgt ahh... kalo dari O itu maksudnya mulai dari awal lagi dari nggak punya apa2 hihihi...

    BalasHapus
  44. :h: jengkel aku nggak jadi pertamaxx... buwel dududz ahh...

    BalasHapus
  45. ya ampyun.....MOCI BISA BERHITUNG?????

    BalasHapus
  46. sadar ci...sadar....

    gw kaget aja si moci udah mulai belajar berhitung

    BalasHapus
  47. ow ow ow.....

    dunia sudah mau kiamatkah?

    BalasHapus
  48. deuh.. tante mochi ini bijaksini sekali ya.. kayaknya sudah pantas and siyap ini untuk melanjutkan hidup ke jenjang yg lebih tinggi lagi..

    sudah dapat cowo BALI nya??? perlu dibantu?? AHAHAHAHA.....

    BalasHapus
  49. anak TK skrg mulai ngitung dari 1000.

    kalo kasih 100 pada gak mau, mintanya pasti seribu. *jajan mksdnya.. hahaha

    BalasHapus
  50. hehhehe y jgn dari nol lah apalagi minus... pengalaman mjd modal

    BalasHapus
  51. itu mas buwel nyampahnya banyak bangeett :l:

    BalasHapus
  52. mulai dari nol itu pas kita baru lahir hehhe....... :n:

    BalasHapus
  53. pagi..nchi...kunjungan dulu nih seblum pergi.

    BalasHapus