Senin, 06 Juli 2009

Aku Gadis Bali, Tapi Bukan Baliness

Gadis Bali, yang pertama dalam ingatan orang adalah penari dan rambut panjang. Memang image Bali yang disebarluaskan lewat gadis-gadis balinya seperti itu, tidak salah. Namun jangan kira semua gadis bali begitu, tahu kan kalau kita makan sereal energen pagi-pagi, rotinya hanya ada di permukaannya, namun bawahnya sama seperti susu cokelat biasa.

Aku memang gadis Bali, tapi tidak seperti gadis bali di postcard-postcard yang banyak dikirim ke luar negeri, dengan pakaian penari yang manis, pipi kemerahan, bibir merah dan rambut panjang. Bahkan suatu saat lalu ketika aku ada sebuah acara sesuatu yang tidak disebut, aku ditanya.

"Orang Bali?"
"Iya,"
"Bisa nari dong!"
"Tidak,"
"Apa karena tinggal di denpasar jadi ga bisa nari?"


"Lebih pada personal, saya tidak pernah belajar."

Mungkin ini image pariwisata ya, kesenian yang dijual, dikemas sedemikian rupa dan dihantarkan pada ornag yang datang sebagai ciri khas daerah, namun aku tidak mau menceramahi bagaimana pariwisata juga bisa merusak daerah, karena banyak orang, entah saudara, teman atau bahkan hampir seluruh lapisan masyarakat Bali yang bergantung pada pariwisata secara tidak langsung.



Aku gadis Bali, tapi bukan baliness menurut artian keadaan, bukan harfiah. Aku tidak bisa nari, pernah belajar sekali waktu kecil tapi hengkang karena pada latihan pertama tidak bisa 'cengked". Badanku kaku. Lebih mirip ijuk daripada benang.

Jika banyak yang bilang daerahku, Gianyar adalah daerah seni. Hal itu tidak sepenuhnya salah, karena keberadaan Ubud dan sekitarnya kebetulan ada di kabupaten itu. Namun tidak ada yang menyalahkan kenapa aku tidak bisa nari seperti seharusnya gadis Bali, karena gadis Bali juga seperti gadis dimana-mana. Apakah gadis Solo selalu bisa membatik?

Aku gadis Bali, tapi bukan Baliness tulen. Namun untuk kedepannya, aku mau jadi Baliness tulen, tanpa harus belajar nari (bisa ngebayangin belajar nari di umur segini, diketawain). Doain yak... MySpace
MySpace

72 komentar:

  1. :e: chi kl mo latihan nari ajak2 yah

    BalasHapus
  2. :l: ga nyanka pertama nih, biasanya fans chi yg pertama -kucing berkutu itu- :g:

    BalasHapus
  3. :j: kayanya chi tmbah cantik deh kl bisa nari bali :j:

    BalasHapus
  4. :c: sbelum mulai kerja, kasih 5 dulu deh spam-nya :c:




    :n: d tunggu chi shownya :h:

    BalasHapus
  5. waks...
    dibabat tika semuaahhh!!!

    BalasHapus
  6. magabut kok nchi hohohohoho.....
    actually udh ada apdetan tp terjadwal...jadi ya tunggu aja jamnya hihiih...

    BalasHapus
  7. si dududz kucing lg sibuk ya...
    biasanya dia mantengin blog na nchi...:l:

    BalasHapus
  8. owh...
    jadi gak bisa nari ya...gpplah, aku jg susah nari kok tp gak seijuk nchi sih hahahha...:g:

    BalasHapus
  9. krn para magabuters klo nyepam min 5x jadi ini yg terkahir deh :k:

    nchi...aku tunggu ya di warung sebelah klo mau latihan nari ama tika tuuh dia udh ngajakin...

    goyang duyu apa goyang dombret???

    yuk maanggg.....

    BalasHapus
  10. Ga bisa nari aj udah cantik, Teh Tika :j:

    Ini teh linda mau menghibur atau malah ngejek sih :l:

    Iye si kucing lagi cuti jadi pens ku, sibuk dia sama ikan asin :m:

    BalasHapus
  11. Kalo mau belajar nari, ajak aku dunks ;p
    Tapi, aku ga bisa ngelirik kanan-kiri ala penari Bali itu, takutnya abis ngelirik trus ga bisa balik ;p

    BalasHapus
  12. :k: Mocca.. Mocca... dikau ada2 saja. Iya yah, kadang, kita salah persepsi dengan tempat dan jati diri. Bali khan nama tempat dan manusia adalah yang menempati. Jadi, kalau ada orang Bali, yah bukan Bali tapi, dia orang yang menetap di Bali. nah lho...??? :b: :b:

    Baru tau kalau Mocca orang Bali, soalnya, tetangga baru :) piss ah :)

    BalasHapus
  13. nchi gak bisa nari yach? takut keseleo otot matanya atau knapa? :g:

    BalasHapus
  14. :n: lha baru tau kalo kamu tuh ijuk ckckck... dududz...

    BalasHapus
  15. :j: ahhh... mosok di bali koq nggak bisa nari??? dududz ahh....

    BalasHapus
  16. aku ajah bukan dari bali bisa mirip leak kadang2.... kalo lagi pengen :l:

    BalasHapus
  17. gadis solo pasti bisa membatik lah... ayo sapa gadis solo yang nggak bisa mbatik? pentung ajah si nchi dududz nih.... :a:

    BalasHapus
  18. kalo nyepamm kan harus 5 ya??? :n:

    BalasHapus
  19. badannya kayak ijuk??sama donk kayak aku yang ga bisa disuruh menggoyang2kan badan.. kalo kata adekku sih, kayak robot berjalan..

    BalasHapus
  20. smangat mocca_chi!!! just be ur self...lebih baik jadi diri sendiri dari pada harus menjadi seperti apa yang ada dibenak orang. aq aja orang tolitoli tapi ga bisa bahasa tolitoli, tapi bahasa menado abiz bahasa dr kecil

    BalasHapus
  21. pokoknya mocca_chi harus cemangat..sini ta ajarin caranya semangat...
    tarik nafas dlm2, tahan ya....! :k:

    BalasHapus
  22. Ha-ha-ha ...any way ..ngak ada kata terlambat ntuk belajar ...so ..belajar aja kaleeeeeeee.

    BalasHapus
  23. T kan harus da bkat dan minat... Kalu gak ada yg gpp dunk. Kdang org ini selalu saja seperti itu...

    BalasHapus
  24. rencana yg bagus...mencintai kebudayaan hal yang terbaik buat dilakukan....krn dgn budayalah kita membina kerukunan...eeh..kok saya pidato ya ...he..he...

    BalasHapus
  25. gapapa nchi... selagi masih ada waktu, umur, dan niat.. ga ada istilah udah gede jadi ga bisa belajar..

    cam kan itu!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    :k:

    BalasHapus
  26. Mari menari denganku......wakakakakakakaka....go nchi.....go...

    BalasHapus
  27. aku gadis jawa, tp gak bisa nari jawa...dr kecil nari bali; pendet, panjisemirang, tenun dll..kyk luwes (duluuu...) kalo skrng..hehehe jgn ditanya..udah kaku kalii.. :a:

    BalasHapus
  28. kalo aku gadis Bali pasti aku udah belajar tari. krn aku suka nari. tapi tergantung kelenturan tubuh juga sih.

    BalasHapus
  29. Chiii.. jangan sedih.

    Bayangin jadi aku..
    Gadis Bali, yang ingin sekali nari, tapi ortu ga mau nganter ke sanggar tari.

    Trus, udah bisa jalan ke sanggar tari, ga dibayarin kursus.. Sedih banget, Ci.

    Akhirnya, sekarang, umur udah 20 lebih.. baru belajar tari. Diketawain ma orang banyak, ga masalah.

    Ga ada kata terlambat untuk belajar.
    Kalo Asri udah di Bali, ayo kita kursus tari bareng. :)

    Bukan karena Pariwisata, tapi apa rela, orang Jepang bisa tari Bali, sedangkan kita ga bisa nari?? (Ga mau dounkkk, chi?)

    Semangat.
    xoxo

    BalasHapus
  30. biarpun bukan balines harus tetap memwartakan bali yang indah,biar obyek wisata terus terkenal

    BalasHapus
  31. :n: nchi bukannya bisa goyang gambreng???

    BalasHapus
  32. jujur saya begitu salut sama gadis bali... pesonanya begitu mantabh... serasa damai jiwa dan raga memandang gadis gadis berpakaian adat memanggul sesaji, bertelanjang kaki menyusuri jalan menuju tempat persembahyangan... huehuehueheuehu...

    jadi kangen bali......

    BalasHapus
  33. Hihihi.... belajar nari perut aja yuuuk, umur berapapun bisa loh, haha, soale saya baru belajar nari perut di usia 40 tahun (wo-oh, menyebutkan umur adalah tabu (^^p) atau tebu?)

    BalasHapus
  34. kenapa enggak mbak?? mana tau nari itu bisa bikin ide bagus buat potingan... hahahah... peace mbak..!!!

    ajak aku ke bali donk... lagi liburan neh... jd pgn ke bali...

    BalasHapus
  35. manteb juga tuh gambarnya ..
    hehehe ...
    :D

    BalasHapus
  36. walaupun bali identik dengan tarian tradisionalnya, khan masih banyak hal lain yang bisa dikedepankan.
    bisa aja mocha jadi Top Baliness Blogger

    BalasHapus
  37. wah kalau belajar seni jangan di ketawain, aku dukung banget

    tapi (selalu ada kata 'tapi')

    kalau yang belajar nya mocha, HUAHAHHAHAHHAHAHAHHAHAHAH, BWAHAHHAHAHAHHAHAHAHAHHA

    BalasHapus
  38. MOCHA mau nari, Bwahahahhahahahahahhahahaha,,, moga berhasil bwahahahahhahahahahahhahaha

    BalasHapus
  39. eh tapi moga berhasil yak, tunjukan pada dunia, kalau kamu bukan Injuk ,

    jadi sekrang masih injuk donk, secara belum nari gituh, hahahahhahaa

    BalasHapus
  40. Hahahahahahhahahaha, :g:

    BalasHapus
  41. belajar nari mang ada batasan umurnya?

    BalasHapus
  42. Ha..ha Mocha Chi
    Gadis Bali tapi bukan Balinesse??
    apalagi akyu???
    Orang bilang aku ini identik banget dengan gadis Bali
    Rambut panjang, kulit sawo matang, bisa menari (walau gak pinter)
    tapi sebenernya dirimu lebih Bali dari aku Chi
    aku ini Bali jadi2an
    Ibuku orang Jawa, logat bicaraku gak sepenuhnya Bali..
    Aku juga sering berbahasa Jawa...

    Lha aku ini trus Gadis apa ya??
    Gak jelas...kata temenku disekolah aku ini
    Blang Bungkem...alias Bali aneh..
    ha..ha

    BalasHapus
  43. heheheh...
    udh gak usah pusing itik ama nchi mau diblg apa..
    yg penting dua2nya sama2 dududz :d:

    BalasHapus
  44. nchi laper dah akkyu...
    ada makanan gaaak :n:

    BalasHapus
  45. @ All, aku ga sedih ah, aku ga iri sama yg bisa nari, karena toh,semua orang punya bagiannya masing2. :e:Klo semua bisa nari sopo yang mau nuntun, nah loooo

    BalasHapus
  46. Nchi salm yak buat itik....xixiixiiix :g:

    BalasHapus
  47. Nci buwel nye pamm boleh nggak...?

    :l:

    BalasHapus
  48. chi...kok nggak di jawab....?

    BalasHapus
  49. iye.. siapa aj bole nyepam kok, asal bayarrrrrrr :l:

    BalasHapus
  50. walah mbayar berapa neh chi...

    BalasHapus
  51. halah....kemana sih chi...lagi bw ya.....

    BalasHapus
  52. Bayarnya berapa yak? serelanya aj, tapi ga boleh lebih dikit dari $1000 :g:

    BalasHapus
  53. chi....nawar boleh nggak....kemahalan tuh :l:

    BalasHapus
  54. ga deh, emang baju ditawar :P

    BalasHapus
  55. Ah enchi...masa nawar nggak boleh....

    BalasHapus
  56. wauakakakakak gadis bali tp bukan balinese lalu apaan... nchiness..... :g:

    BalasHapus
  57. widiiiihhhhh buwel sekarang jago nyepamm niy..... :a:

    BalasHapus
  58. aq mau lompat ke artikel satunya ach.... hup...

    BalasHapus
  59. chi......qiqiqiqi....gak papa kok kalo gadis bali gak bisa nari......saya ja orang bali gak bisa bhs inggris (lha pa hubungannya???)

    intinya adalah kamu pasti punya kelebihan kok dibandingkan gadis bali yang bisa nari!?!?!!?

    iya kan???.........iyakan????.......masa si????

    BalasHapus
  60. coba belajar chi..
    emang kayaknya kurang klop kalo cewe bali nggak bisa nari.

    BalasHapus
  61. Nchi, di Gianyar yak?, aku pernah tinggal di Bali 3 bulan, di Silakarang, itu masuk Gianyar kan??, tempat Fave kalo lagi bete : Bali Galeri :g: di Denpasar kalo gak salah..., ato kalo gak ke sono ya paling baca2 di Pondok Pekak sampai lumutan, gyahaha...

    BalasHapus
  62. wakakakakkakakakakka....... kalo semua gadis Bali kayak dirimu bisa kacau sejarah :g:

    Mocca-chi yang ku kenal adalah gadis bali dengan sejuta pesona melebihi gadis-gadis bali yang biasa ku lihat.... she's more than a balinesse, she the real bestfriend i ever had.... :c:

    BalasHapus