Kamis, 09 Juli 2009

Yang Menang Menangis, Yang Kalah Tertawa

Di sebuah lapangan sepakbola, pertandingan baru saja usai. Kedua kubu yang bertandingan masing-masing telah berada di sisi lapangan yang bersebrangan, dengan keadaan yang berbeda.

Di sisi kanan, tampak sang pelatih tertawa sambil menepuk bahu pemainnya. Di sisi lain, nampak sang pelatih berlutut sambil menangis. Yang mana kah yang kalah dan yang mana yang menang?

Sisi yang menangis ternyata adalah yang menang, dan sisi yang tertawa adalah yang kalah. Tetapi ekspresinya sama sekali berlawanan dengan yang seharusnya, dengan yang wajar. Bahwa yang menang harusnya tertawa (dan pura-pura) puas sementara kenyataan dia malah menangis. Atau yang kalah, harusnya menangis (haru) tetapi dia tertawa.

Dunia sudah aneh memang, banyak hal berbalik arah. Tapi Yang menang diam-diam tertawa dalam hati dan yang kalah diam-diam menangis dalam hati, sayangnya tangisannya lebih pilu dari pada tangisan yang menang.

Soal menang dan kalah, aku ga berani melihat tayangan televisi. Hanya melihat hasil quick count sementara lalu ganti chanel. Bukan ga peduli, tapi aku kasihan sama yang kalah, harus mengais-ngais alasan kekurangan pemilu hanya untuk menyamarkan bahwa ia telah kalah. Kasihan melihat wajah optimis dan menjelang pongah yang sebelumnya muncul di teve-teve, sekarang berbalik tersenyum miris.

Menang kalah adalah hal biasa, tapi saat kalah, kita tidak lagi menganggapnya biasa. Terlalu banyak kekecewaan yang membuatnya menjadi luar biasa, luar biasa menyedihkan.

56 komentar:

  1. Hahaha... astaga, tulisan ironi yang pertama kali dapat membuat saya tersenyum pagi ini....

    BalasHapus
  2. waks keduluan G niiih...

    selamat pagi nchi dududz...jgn nangis ya klo kalah...

    BalasHapus
  3. nchi..
    akhirnya kmrn aku ikutan mencontreng pdhl sblmnya golput hahahahah....
    jadiii...aku udh berhak utk memberikan pendapatku klo pemerintah gak asik :g:

    BalasHapus
  4. tumben si kucing bekutu blom nyepam???

    hhmmm...masa sih sibuk? dia kan magabut bangeettt

    BalasHapus
  5. nchi...ada makanan kah? :j:

    hhmmm...mo ngomong apa lg yak...udh 5x kan??

    hihiihi... ya sutra selamat magabutt...

    tha tha...

    BalasHapus
  6. hihi... teh linda nyari aku... yesss... :j:

    BalasHapus
  7. nggak percaya bgt kalo aku sibuk sih??? :l:

    BalasHapus
  8. :b: btewe, ente ngemeng apa sih??? menang ato kalah yang penting ngakak...

    BalasHapus
  9. mana ripiunya... hehehe... postingan ini koq kayak sebagai postingan pengganjal ripiu... tapi matre mas gogon hohoho... hidup blogger matre... :c:

    BalasHapus
  10. Duh, ironisnya yah? :e:

    BalasHapus
  11. menang kalah biasa, yang penting pengalamannya :D

    BalasHapus
  12. Pengalaman bsa jadi pemenang d saat kita kalah...

    BalasHapus
  13. saiia sampe terhenti sejenak setelah membaca reply terbanyak dari dua orang di atas :(
    bukan bukan bukan karena postingannya gag menarik... saiia setuju, pengalaman miris yg membuat terenyuh iia pas liat yg menang nangis trs yg kalah ketawa... dunia memang hebat bukan?!?!?

    BalasHapus
  14. begitulah kalu "bertanding" tapi tanpa mental yang siap untuk kalah.....selalu berusaha mencari "kambing hitam" tanpa mencari kelemahan diri

    BalasHapus
  15. ajarin gmn caranya ripiu dund :p

    BalasHapus
  16. He...he...he...
    Hayo gak Nyontreng ya?....
    Its OK.

    Karana tak memilih adalah juga PILIHAN.
    Tak seorangpun di dunia ini, walau di DUNIA BLOGGER sekalipun seseorang melarang dan memerintah yang lain.
    Apalagi untuk urusan HATI NURANI.

    POSTING tadi sangat mengena,
    Begitulah seharusnya yang ditampakkan Calon terpilih dan yang tak terpilih.

    Yang terpilih atau menang, menangislah. Karena beban anda lebih berat.
    Beribu tugas menanti, dan bukan tugas sederhana.
    Penuhi semua JANJI-JANJI KAMPANYE-mu. Jangan pernah berpaling.

    Untuk yang kalah Tertawalah, karena engkau terlepas dari Jurang penuh GODA.
    Goda memperkaya diri, Goda bagi-bagi kekuasaan. Dan GODA mensengsarakan RAKYAT.

    Tugas kita sekarang,
    Mengawalnya dengan jalan beriringan.
    Saling dukung bukan saling menjatuhkan.

    Karena kelak KESEMPATAN pasti akan DATANG.
    Bagi siapapun,
    DIRINYA,
    DIRIKU,
    atau mungkin DIRIMU.

    BalasHapus
  17. selamat siang bu menteri
    banyak menteri neh

    BalasHapus
  18. He...he...he...
    Hayo gak Nyontreng ya?....
    Its OK.

    Karana tak memilih adalah juga PILIHAN.
    Tak seorangpun di dunia ini, walau di DUNIA BLOGGER sekalipun seseorang melarang dan memerintah yang lain.
    Apalagi untuk urusan HATI NURANI.

    POSTING tadi sangat mengena,
    Begitulah seharusnya yang ditampakkan Calon terpilih dan yang tak terpilih.

    Yang terpilih atau menang, menangislah. Karena beban anda lebih berat.
    Beribu tugas menanti, dan bukan tugas sederhana.
    Penuhi semua JANJI-JANJI KAMPANYE-mu. Jangan pernah berpaling.

    Untuk yang kalah Tertawalah, karena engkau terlepas dari Jurang penuh GODA.
    Goda memperkaya diri, Goda bagi-bagi kekuasaan. Dan GODA mensengsarakan RAKYAT.

    Tugas kita sekarang,
    Mengawalnya dengan jalan beriringan.
    Saling dukung bukan saling menjatuhkan.

    Karena kelak KESEMPATAN pasti akan DATANG.
    Bagi siapapun,
    DIRINYA,
    DIRIKU,
    atau mungkin DIRIMU.

    BalasHapus
  19. Menang dan kalah memang udh biasa..tapi kadang kala ada yang tidak menerima kekalahannya dan berusaha mencari-cari kesalahan org lain..semoga pilpres ini berjalan dgn lancar

    BalasHapus
  20. Iya, mentri lingkungan hidup uda datang dan sekarang mr/mrs anonim juga akhirnya menjejakan jejak diblog jelek saya,

    saya memang ga nyontreng dan ga malu soal itu, hiiiii

    BalasHapus
  21. paypal? harus ada bank acc. dulu?!?!?
    huaaaaaaaa.... berarti saiia nya gag
    bsa dund?!?!?! ddduhhh musti urus2 bebenah
    semua2nya dulu dung?!?!?! huuuuuuuuuuuuuhhhh...

    BalasHapus
  22. makanya... janganlah kita terlalu berambisi dalam sebuah perlombaan... semakin kita berambisi... maka akan semakin menyakitkan ketika menderita kekalahan... :D :e:

    BalasHapus
  23. Waaaa setuju nci.....siiiip wejangannya..

    BalasHapus
  24. menang dan kalah suda selalu di rekayasa oleh nya
    ah biasa....

    BalasHapus
  25. Emang sapa yg menang sih??

    XD

    BalasHapus
  26. ow ow ow..chi aq terharu ma narasinya keren abizzzzzzz!!!

    BalasHapus
  27. hehehe :g: kayanya aq tau tuh sapa yg kalah yg tertawa soalnya aq sempat liat wajahnya..tertawa tapi banyak alasan kenapa kalah..padahal klo legowo kalah ya kalah aja :e:

    BalasHapus
  28. @ anonymous: hehehe...masih belum percaya ma kandidat capres yg ada yaks..abz mukanya itu2 doank..ga ada yg lebih fresh

    @-Gek-: yg menang MU tuw..walah!!!

    BalasHapus
  29. chi kemaren milih sapa? bukan roma irama khan? :l:

    BalasHapus
  30. menang kalah itu biasa. gak mungkin menang terus. dan seharusnya...jangna kalah terus.

    BalasHapus
  31. yg jelas, gw yg selalu menang deh

    BalasHapus
  32. si mochi mah kerjanya cuma bilang 'terserah' molo

    BalasHapus
  33. @ Mbak suzhu, es krimnya rasa apa mbak, sampe pemilu nyasar ke MU? :d:

    @ all, sangat sedih jadi yang kalah memang, malunya ntu loooo :g:

    BalasHapus
  34. Tapi kebanyakan dikita :
    Yang menang petantang yang kalah berulah ...
    he-he-he

    BalasHapus
  35. lahhh :b: beneran nchi gag punya?!??!? boong ajja nii :l: trs itu VOC eee VCC apaan lg tuhhh?!?!? :j:

    BalasHapus
  36. dah jarang kali nchi...sekarang klw menang tepuk dada , klw kalah tepuk muka a.k.a ngamuk... :g:

    BalasHapus
  37. walaupun gak di bayar tetep...mau?

    BalasHapus
  38. Hi…

    Ada info penting banget nih.. Tahun ini Jawaban.Com kembali mengadakan event gede-gedean untuk Para Bloger Kristen, yaitu Christian Indonesian Blogger Festival 2009 (CIBfest 2009). CIBfest kali ini bertema "Menjadi Jawaban Melalui Kreativitas Yang Berdampak". Ada hadiah berupa uang tunai Rp. 15 Juta Rupiah untuk 3 orang pemenang.Pastikan kamu ikutan juga Writing Competitionnya, siapa tahu hasil tulisan kamu terpilih untuk dibukukan! Yupz, Jawaban.Com bekerjasama dengan PT. Elex Media Komputindo akan menerbitkan buku kumpulan karya finalis CIBfest. Kamu ingin ikut terlibat dalam event ini? Caranya gampang dan Gratis!!! Ayo buruan daftar!! Pendaftaran terakhir tgl 30 Agustus 2009 loh.. Jadi log on langsung ke www.cibfest.jawaban.com

    Di tunggu yaaa….. God Bless…

    BalasHapus
  39. wuahh kirain beneran eh sindiran hueheheheheh,, semprot dulu ah sebelum nyepam :c:

    BalasHapus
  40. lah, ayo yang berkoar-koar, dimanakah kalian berada huehehehheeh ...

    BalasHapus
  41. ayo pada berbesar hati, terima kekalahan :a: MERDEKAAA !!!

    BalasHapus
  42. aduh masih mules nih CHi, boleh di sini gak :k:

    PUP nya , hehehehehe

    BalasHapus
  43. yes, akhirnya udah selesai, cape nih heuheuheu ...

    BalasHapus
  44. waduuuhhh kayanya kebalik pa ga ya??

    lam kenal ya...

    BalasHapus
  45. menang dan kalah, harus tetap menang, :P

    BalasHapus
  46. emabk tak lihat htmlnya ko lain dengan aku embak pakai yang
    background:#ffffff url(http://i269.photobucket.com/albums/jj47/mocca_chi/Copyofgirl.jpg);
    background-attachment : fixed;
    margin:0;
    color:#333333;
    font:x-small Georgia Serif;
    font-size/* */:/**/small;
    font-size: /**/small;
    text-align: center;
    padding: 0;

    kan

    saya pakainya yang ini

    body {
    margin: 0px; padding: 0px; text-align: left; font:normal normal 100% Arial, sans-serif; color:#ffffff;
    background:#999999 url(http://www.kolumbus.fi/riitta.haapalinna/Wallpapers/kakashiWP.jpg) repeat-x fixed;
    margin:0;
    color:#ffffff;
    font:x-small Georgia Serif;
    font-size/* */:/**/small;
    font-size: /**/small;
    text-align: center;
    cursor: url("http://i628.photobucket.com/albums/uu7/ajie005/kakashi-1.gif"), default;

    BalasHapus
  47. blogdanduutan sob!!! ada yang baru diblogku. koment yak!! hehehe :D:D:D

    BalasHapus
  48. Inilah dunia seperti permainan ada yg memang dan ada pula yg harus kalah.

    BalasHapus
  49. Menang kalah??yang penting jangan sibuk berantem deh..

    BalasHapus
  50. selamat pagi nchi dududz...!!!

    BalasHapus
  51. nchi akhir si anonim menjejakkan kaki juga ya...
    bagus kok tulisannya...hihihihi...

    BalasHapus
  52. :l: kayak ente apdet ajah.. lha ente juga apdet kalo ada ripiuan doank gitu...

    BalasHapus
  53. sungguh tidak kusangka.... aq sampe belum koment disini :g:

    menang kalah memang wajar, tp yg tidak wajar adalah yg tidak bisa menerima semua keputusan yg ada..... :e:

    BalasHapus

About