Jumat, 08 Januari 2010

SpongeBob SquarePants, History (1)

Yihaaa... ini dia salah satu kartun favoritku. SpongeBob Squarepants, si spon kuning yang ceria, lugu dan lucu. Dia hadir setiap hari, pagi dan sore. Umurnya sudah 10 tahun 2009 kemarin, tapi tidak banyak yang tahu sejarah SpongeBob itu sebenarnya.

Bagaimana sejarahnya? Hahah... mari kita runut dari dia masih belum berupa.

Dimulai dari tahun 1984, konsep tokoh SpongeBob sudah ada di kepala Creatornya, yaitu Stephen Hillenburg. Pada saat itu ia masih mengajar Bilogi kelautan (bener ga sih itu translate dari marine biology?) Pada saat itu ia menulis sebuah komik berjudul The Intertidal Zone dengan salah satu karakternya bernama Bob Sponge.

Stephen Hillenburg juga mengikuti sekolah animasi. Ia bergabung dengan Nickelodeon animated series sebagai penulis, produser sekaligus storyboard artis pada beberapa produksi film animasi Nickelodeon, salah satunya Rocko's Modern Life. Tahun 1996 merupakan akhir dari seri animasi ini dan mulailah SpongeBob SquarePants digarap.

Pilot Episode atau episode pertama sebuah seri acara televisi ditayangkan pertama pada tanggal 1 May 1999. Pilot episode ini direkam pada tahun 1997. Nama asli SpongeBob sebenarnya adalah Sponge Boy, menggunakan topi merah dengan dasar hijau dan kemeja bisnis putih dengan dasi. Namun Nama itu sudah menjadi trademark untuk produk lainnya. Namun Stephen Hillenburg ingin tetap menggunakan kata "sponge" untuk karakternya dan sejak itulah karakter SpongeBob yang sebenarnya muncul.

Sejak diluncurkan tahun 1999, Seri SpongeBob SquarePants mengalami beberapa perkembangan. Episode pertamanya berjudul Help Wanted/Reef Blower/Tea at the Treedome. Seri ini tidak begitu berhasil, popularitasnya kalah dengan serial Rugrats yang sudah hidup sekian lama. Rating jelek membuat penciptanya yakin kalau serial SpongeBob SquarePants akan dibatalkan, namun ternyata tidak. SpongeBob SquarePants tetap dilanjutkan sampai sesi kedua.

Sesi kedua diawali dengan episode yang berjudul Your Shoe's Untied/Squid's Day Off pada tahun 2000. Sesi ini meraih sukses hingga dilanjutkan ke sesi ketiga. Puncaknya pada tahun 2002, SpongeBob SquarePants mencapai puncak kesuksesan. banyak acara-acara yang mengikuti gaya humor ala SpongeBob SquarePants, namun lebih condong ke arah dewasa.

Pada tahun 2003-2004 bisa dikatakan jangka waktu terburuk yang dihadapi oleh SpongeBob. Episode yang ditayangkan berulang-ulang membuat penonton kecewa dan beralih ke acara lain. Akhirnya untuk memuaskan penonton, pada tahun akhir 2005 diumumkan bahwa Spongebob akan memasuki memasuki musim baru.

Musim kempat SpongeBob diawali pada tahun 2005 dan berlangsung hingga sekarang. Ada banyak perubahan yang terjadi seiring dengan pengunduran diri Stephen Hillenburg sebagai executive producer dan kemudian SpongeBob ditangani oleh Derek Drymon. Suara SpongeBob kini lebih tinggi melengking dan tidak ada lagi adegan non animasi yang sering muncul pada SpongeBob sesi sebelumnya (contohnya adegan Patsi si Bajak Laut). Dari segi gaya seni, SpongeBob yang sekarang juga berbeda. Garis lebih tegas, warna lebih berani dan tebal. Karakternya juga aneh, fans kehilangan banyak dialog-dialog cerdasala SpongeBob serta situasi komedinya. Tetapi biarpun begitu, menonton tetap menikmati karakter SpongeBob yang sekarang ini. Taraaa.....



Jah, panjang juga sejarah SpongeBob SquarePants sampai saat ini. Episode SpongeBob sudah memasuki angka 80 episode, dan pihak Nickelodeon sudah memesan sekitar 20 episode lagi sehingga genap 100 episode (data tahun 2007, mungkin saja sekarang sudah 100). Untuk semua usaha itu, SpongeBob SquarePants sudah memenangkan banyak sekali penghargaan diantaranya sebagai kartun favorit, pengisi suara terbaik dan juga musik terbaik.

Huhuu... panjang banget nih postingan, tapi sebagai seorang penggemar, kita patut mengetahui sejarah jatuh bangunnya tokoh favorit kita. Jangan hanya menganggumi kegantengannya saja *digeplak*.

Eh ya, beberapa episode dari sesi pertama bisa ditonton secara online disini, keknya ada versi bahasa indonesianya juga. Jadi ga perlu nunggu di televisi lagi.

Nah, lalu pertanyaannya, kenapa SpongeBob tinggal di dalam rumah nanas? Bukankah tidak ada nanas di lautan?

40 komentar:

  1. lapor dulu mumpung koneksi lagi ngacir...

    BalasHapus
  2. wah... rupanya jadi pertama deh..
    Seneng rasanya...

    BalasHapus
  3. Aku juga sering nonton Film ini gara2 si Kecil nggak mau pindah channel..

    BalasHapus
  4. Spongebob bikin rumah dari Nanas si Peterpan yang jatuh kelaut... ada kisahnya koq...

    BalasHapus
  5. Sukanya nonton Spongebob tapi galaknya mirip Brutus yak...hakhakhak...
    *ampun Chi, jangan dicubit* :P

    BalasHapus
  6. Aku paling seneng ama Si Patrik yang lugu dan tolol.....

    BalasHapus
  7. Aku pamit dulu..
    Udah ada Sari yang nemenin Chi..
    Selamat pagi.

    BalasHapus
  8. Spongebob..... i lope u pullllll.... hihihi... narsis deh. Saya juga suka lho mbak Spongebob. Tapi, sumprit, baru tahu sejatahnya. Dan baru tahu juga kalau berubah2 hehehe...

    BalasHapus
  9. pagi pagi belajar sejarah dulu ahh di sini...

    BalasHapus
  10. aku paling ngepens sama rumahnya patrick... artistik bgt >,<

    BalasHapus
  11. suka kartun juga y sob wah kalau aq mah g begitu suka'e

    BalasHapus
  12. wkwkwkwkwk........saya sebelum ngantor pasti sempet nonton ini!!! masalahnya si kecil selalu minta nonton ini juga!!!!!

    tapi emang kocak abis!!! adegan favorit saya waktu mereka latihan untuk pertunjukan di stadion.....dimana squidword menjadi dirigen, patrick jadi drummer & tentu si spongebob jadi vokalis.............nge rock abisssss!!!!!!

    BalasHapus
  13. iiiiiiiiih panjang. Tapi tengs, gw jadi tahu hehehe. Gw demen juga nih sama spongebob, apalagi karakter Patrick yang sangat banget gw sukaaaa. Duh tuh inspirasi menciptakan Patrick dari mana tuh? Hiakakakaka......love this cartoon so much deh.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. baru tau sejarahnya disini loh...krn emang males jg ngegugel hehe...

    and br tau jg klo rmh nanas nya spongebob dr nanasnya peterpan, itupun liat komennya bang kumis

    BalasHapus
  16. aku suka suara spongebob yg melengkin deh...lutu...

    apalagi si siput garry...miauww...(soalna nama hubby hahahah)

    BalasHapus
  17. oh gitu ya sejarahnya SpongeBob. baru ngerti nih... selama ini nonton SpongeBob ya nonton aja. hehehehehehee

    aku suka juga suka patrick yang sangat sangat lugu dan polos hingga terlihat bodoh. apa memang bodoh ya?? hahahahahaaaa

    BalasHapus
  18. hooo hoo chi,jadi tahu siapa orang di balik layar itu. ternyata memang orang yang ngerti dalemnya laut. hehehe...
    itu nanas mungkin jatuh bersama kapal titanic chi...

    BalasHapus
  19. kenapa SpongeBob tinggal di dalam rumah nanas? karena kulit nanas itu hampir sama dgn kulitnya spongebob (bolong2).. Bukankah tidak ada nanas di lautan? ada, buktinya kalau musim badai, lautan akan berubah menjadi nanas, ombak tinggi n angin kuenceng....

    BalasHapus
  20. hahaha,,nggak nyangka saking sukanya nchi sama spongebob sampai membahasnya segala. tapi bagus deh, biar tahu betul dengan sejarahnya, jangan cuma bisa nonton doang

    BalasHapus
  21. ikut-ikutan freya ahh...

    Posting ini telah dihapus oleh penulisnya.

    BalasHapus
  22. wehehehehe suka suka suka,
    tapi sekarnag dah jarang nonton... sibuk kerja

    BalasHapus
  23. Pernah baca soal sejarah kartunya di kaskus... cukup lengkap dan melelahkan bacanya, wuakakaak...

    BalasHapus
  24. nanasnya nyasar nchi... aku juga suka spongebob


    dan satu pertanyaaan juga : ngapain ada spons yang masuk ke dalam laut? udah gt dia merasa sbg ikan.. hehe

    BalasHapus
  25. aku abis baca komenmu yg di moderasi... aku lagi rajin posting aja nih emang.. banyak nganggur soalnya ..kalo ntar mulai kuliah mungkin jarang..


    gapapa kok ;)

    hug n kisses..

    BalasHapus
  26. hooreee...ada pilem keren baru petualangan sponge bob vs kucing wkwkwkwwk....

    ck...ck...ck...gag nyangka kucing tenar sampe ostrali

    BalasHapus
  27. aku cari tau kok sejarah cowok-cowok gantengku itu chi XD

    BalasHapus
  28. i love spongebob too... :-)

    BalasHapus
  29. Panjang juga nh sejarah film.. Adek saya tiap pagi itu aja kerjanya.. Nonton SpongeBob. Kapan2 saya ajak adek saya dh buat nonton brang sama neng Mocha chi, hehe

    Oia di laksamana ada yang baru,,

    BalasHapus
  30. Cha.... muach..muach.. makasih banget dah post ttg sponge bob! ne kan kartun fav dhe jg.. duhh senang banget!! makasi..makasih...

    BalasHapus
  31. hi hih ih, jadi inget temen wanitaku suka ini... :-(

    BalasHapus
  32. baru tau neehh sejarah spongebob ternyata panjang buangeett...

    aku paling suka ma spongebob duet ama patrick,, trus yang jadi korban pasti squidword (bener ga yah tulisannya),, pasti gokil abiiss :))

    BalasHapus
  33. weew.. muantep.. ternyata filem kesukaanku nih punya sejarah yg cukup panjang juga yah.. he..he.. salut deh buat kreatornya.. ^^

    BalasHapus
  34. saya juga suka sekali dengan film ini MC mulanya nonton sama anak tetapi akhirnya suka karena menghibur apalagi Patrick yang bodoh tuan crab yang pelit dan Akhirnya "Hari berburu ubur-ubur"

    BalasHapus
  35. Yang bilang nanas ada di laut sapa yak? :)

    BalasHapus