Selasa, 19 Januari 2010

Fenomena Sial Angka 13

Kesialan angka 13 merupakan fenomena dunia, termasuk di Indonesia. Kepercayaan ini awalnya dari sebuah sejarah kuno bangsa Yahudi, yaitu sebuah pengetahuan kuno bernama Kabbalah. Ini merupakan sebuah ajaran mistis kuno yang dilakukan secara turun temurun di Yunani, mulai dari dewan penyihir jaman Fir'aun.



Pada jaman itu bangsa Yunani memegang ketat ajaran Kabbalah. Ajaran itu dibukukan di Marseilles, prancis selatan. Penganut ajaran ini suka mengutak-atik angka, dan menurut mereka angka 13 merupakan salah satu angka suci yang mengandung berbagai daya magis dan sisi religius. Sama halnya dengan angka 11 dan 666. Semua Angka ini dipakai dalam berbagai ritual setan mereka, dan pandangan masyarakat semua yang berhubungan dengan setan itu adalah sial.

Banyak negara di dunia, walaupun mungkin tidak percaya, namun menghindarkan pemakaian angka 13 ini. Contoh utama adalah menghilangnya lantai nomer 13 pada gedung-gedung tinggi. Friday 13, salah satu fenomena di Amerika Serikat. Lebih dari 21 juta orang memiliki penyakit yang bernama “paraskevidekatriap hobia” atau rasa takut akan hari Jumat tgl 13. Dan berdasarkan laporan dari “The Stress Management Center and Phobia Institute” di Asheville – AS, tenyata setiap hari Jumat tgl 13, ekonomi Amerika mengalami kerugian antara 800 s/d 900 juta AS$. hahah... kok ngaruh gitu ya?

Fenomena angka 13 ini banyak dimanfaatkan oleh orang-orag sebagai tema dasar ketika membuat film ataupun buku. Film indonesia yang aku tahu ada beberapa yang memakai angka 13 sebagai maskot setannya. Diantaranya :

1. Bangsal 13
Film ini merupakan ikhwal sosok menakutkan yang bernama suster ngesot.



2. Lantai 13



3. Ewordnya si Clara

Hahaha.. yang ini sih udah jelas ga ada hubungannya sama fenomena sial angka 13, orangnya saja ga ngerti soal kenapa angka 13 sial, dasar pembagian ewodnya yang ke 113 untuk 13 orang juga karena temanya 13. Bukan berarti ke-13 orang yang menerimanya akan ketimpa sial, kalau ketimpa sial tak balikin dah lagi tuh ewod *jitak*



Thanks clar, karena udah menempatkan di urutan pertama. halah.



(diambil dari banyak sumber)

38 komentar:

  1. Tumben nich ..
    Pertama
    Untung bukan komentator nomor 13

    Jadi tahu sejarah sialnya angka tiga belas.
    Btw ...
    Salah satu rumahku ada yang nomornya tiga belas tapi ngak ada sial-sialnya tuh.
    Masak sih percaya sama benda mati yang hanya ciptaan manusia.

    nice sharing

    BalasHapus
  2. huehehehehe.. mbak Zeta majang postingannya bisa aja. Btw, saya lahir, friday 13, Alhamdulilah, gak phobia hehehe... salam friday 13, Mbak Zeta gak takut khan...??? kenal ma saya...??? :D

    BalasHapus
  3. Ga percaya ahh...
    Kalo emang udah nasibnya sial ya sial aja :P

    BalasHapus
  4. Sejarahnya bagus deh, siang2 yang panas ini jadi tambah ilmu soal angka 13 :D

    BalasHapus
  5. Saya justru sebaliknya... Saya suka dengan nomor 13. Nomor punggung kaos sepak bola saya juga nomor 13 :)

    BalasHapus
  6. hm apa musti nunggu buat koment no 13 ya......buat ngebuktiin angka 13 pembawa sial!!!

    tapi kayaknya keprcayaan ini kebawa sampai bali juga chi......kemarin diperumahan temen (daerah) gunung salak rumahnya cuma sampai no 12........soalnya selanjutnya udah sungai, dan tanah disebrang belum dibeli ma developer!!!! jadi gak bisa bangun.......tu belum apa-apa rumahnya udah sial gak bisa dibangun!!! terbukti kan

    BalasHapus
  7. jiahahaha akhirnya si 13 ini dipasang.
    13 emang bukan angka sial kok, meski kadang kala dapet juga kesialan di angka ini...hiahaha *ingat kyuhyun, ingat beruntung*

    BalasHapus
  8. aku nungguin komentator ke-13 sial apa nggak ya dia??? mudah2an yang punya blog ini komen di no 13 nanti... hohoho...

    BalasHapus
  9. whew...asik, belum masuk komentator ke-13. selamat ya Chi, atas awardnya.Moga makin suksesss..

    BalasHapus
  10. itu semua sugesti, dan sudah bukan rahasia umum (wkwkwkwkwk) kalau angka ini selalu dihubungkan dgn kesialan...btw berpikir positif aj biar aman :)

    BalasHapus
  11. wekekekek....
    ada-ada aja peradaban manusia. dakulahir jam 6 hari ke 6 tanggal 6 bulan 6. tp ga da bau2 mistiknya tuh. wkekekek...

    betewe.. nice posting ^^

    BalasHapus
  12. sebagian negara bilang kesialan, sebagian bilang keberuntungan. entahlah..

    selamat atas awardnya nchi!

    BalasHapus
  13. ternyata diriku komen ke 13, dan pembawa keberuntungan buat dirimu, dudz

    BalasHapus
  14. pon2 zujoe, ga baik loh mendoakan orang yang jelek2...
    biasanya kalo doanya jelek2 ga bakal di jabah. mending doanya yang baik2..
    semoga yg komen ke 13 bisa dapet rezeki lebih, amiiin

    BalasHapus
  15. Yah... antara percaya atau tidak.

    BalasHapus
  16. Baru sempat mampir,...
    yang penting diatas angka 13...
    memang terkadang masih banyak yang percaya fenomena ini.
    Semoga saja hanya semacam mitos... karena banyak yang terdapat dalam diri saya nomor 13....

    BalasHapus
  17. wah.. kalau saya sih enggk percaya dengan kesialan kalau menggunakan angka 13. semua kembali kepada Allah SWT.

    BalasHapus
  18. Saya rasa semua angka itu semua.. Itu semua kembali kepada sang khalik..

    Tapi tanpa mengaitkan dengan angka 13, Saya ucapkan slamt Awardnya... awardny Lucu

    BalasHapus
  19. Huaaa..lama tak kesini :D
    Ia nih, angka 13 emang dianggap angka kramat N angka sial.
    Ternyata gak hanya Indonesia aja ya yg berpikiran begitu, baru tau sy :D

    BalasHapus
  20. Satu lagi Chik.. film yg tentang kiamat itu juga duaribu tigabelas, hahaha...

    BalasHapus
  21. Kalo gaji ke 13.. ngiler ga..??
    xixiixixixi

    BalasHapus
  22. barusan di tv ada film loker nomer 13, horor...

    BalasHapus
  23. sukses itu butuh perjuangan tman?

    BalasHapus
  24. weeeh nchi.. aku pikir nomer tiganya bakalan daptar pilm2... uhuhuhu.. iyaaa, suka aneh.. kok sial berubah jadi maskot horror ya? sial kan gak mesti ketemu hantu.. ah orang2 ini..

    BalasHapus
  25. hiihihih, moga mbak t.3.k.a tak ketiban sial yak... :-)

    BalasHapus
  26. bangsal 13
    lantai 13
    toilet 13
    suster keramas 13
    hantu ancol 13

    baaaaaah pada 13 semuaaaahhh

    BalasHapus
  27. Salam sobat, datang mempererat silaturahmi... maaf baru mampir lagi... kesehatan memburuk baru membaik... Semoga selalu dalam kebahagiaan...

    Ninneta

    BalasHapus
  28. haduh, mak.

    aku lupa lagi naro ewodnya clara.

    BalasHapus
  29. di komplek perumahan ku, nomer 13 juga diganti jadi 12A dan kebetulan juga aku tinggal di rumah nomer 12A.. moga aja ga ketiban sial ya?

    BalasHapus
  30. Tapi pas ulang tahun, kenapa yang ke-13 gak dilewatkan ya? hehe gak adil nih... takut koq setengah-setengah

    BalasHapus
  31. bagiku sih semua hari baik. hehhee....bener kata bang Fiko, kenapa ultah ke 13 gak lewatin kalo emang sial ya? hi hi hi

    BalasHapus
  32. he..he.. udah lebih 13 tahun aku udah gak percaya lagi ama yg gitu-gituan.. btw, slamet yah buat awardnya.. ^^

    BalasHapus
  33. sebagian orng bilang angka 13 itu sial
    tapi sebagian orng lagi bilang angka 13 itu lucky number. mana yg benar? itu semua tergantung dari cara pandang kita aza.ok

    BalasHapus
  34. emang ya angka 13 selalu di kait2kan dengan mistis, gak banyak juga orang2 mengira kalau angka 13 adalah angka sial

    BalasHapus
  35. hmmm.. 13 13 13..
    cuma mitos aja kali...
    cuma kebetulan pas d angka 13...
    tak selalu sial ko...

    BalasHapus