Selasa, 12 Mei 2009

Lihat, Ikan Mas Kokinya Segede Kucing!!!

Hari raya tidak ada matinya di Bali, benar? Tentu saja benar.
Sabtu tanggal 9 Mei kemarin, bertepatan dengan Hari Raya Purnama. Kebetulan juga perayaan hari waisak, libur. Setelah perjalanan ke Besakih tempo hari, aku sama teman serasa ketagihan untuk jalan-jalan lagi, tentunya tidak sekedar jalan-jalan, tapi jjs plus sembahyang. Selain dapat refresing juga dapat pahalanya biar nanti bisa masuk surga.

Tujuan awal Besakih, namun ternyata meleset menuju sebuah pura yang dekat dengan rumah (setengah jam perjalanan lah). Namanya pura Tirta Empul, lokasinya di desa Manukaya, kecamatan Tampaksiring, gianyar. Pura ini letaknya berdampingan dengan Istana presiden, yang walau orang Bali aseliii tetapi sama sekali belum pernah aku pakai lokasi bernarsis ria. Uh.. pelit.

Seperti namanya, dalam pura ini ada sumber mata air yang biasa dipakai umat untuk melukat (istilahnya pembersihan dirilah). Pura ini biasanya ramai dikunjungi saat hari purnama ini, ketika bulan sedang penuh. Ada mitos sih dulu, katanya kalau keramas saat purnama maka rambut akan jadi indah. Tapi namanya juga mitos.

Pura ini mempunyai nilai historis menyangkut cerita-cerita para dewa tempo doeloe. Yang berminat silahkan baca-baca saja disini. Atau pasti sudah ada yang pernah pergi kesana, mengingat sekarang pura itu sendiri sudah dikomersilkan untuk wisatawan. Banyak bule kesana, eh bukan bule ding. kebanyakan wisatawan cina dan domestik. Liad aja bule di bawah ini, semoga saja saat itu dia sedang tidak lagi halangan ya.



Berdelapan berangkat dari denpasar jam 9 pagi lewat (setelah ngaret setengah jam). Perjalanan memakan waktu sekitar satu jam lebih, itupun setelah ngetem lima belas menit di tengah jalan untuk nungguin anggota rombongan yang ketinggalan. Agak lupa sampai disana jam berapa, yang jelas pengunjung sudah membludak. Buih, membayangkan melukat berdesak-desakan. ckk ckk ckkk...
Ini wantilan luar pura, tempat orang berganti pakaian.



Aku sih ga perlu ganti-ganti lagi karena sudah siap dari denpasar. Memakai Kain kamben dan baju kaos, akhirnya langsung nyemplung ke kolam dengan pancurannya yang banyak. sayangnya waktu itu tidak sempat bawa kamera, jadi ini poto ambil dari web sebelah. Tapi serius, ga enak banget berdesak-desakan dengan bapak-bapak gemuk yang tidak mau kalah. Bau badannya itu loh, bayangin sajalah badan basah kena matahari, menguap sama bau badannya. Hmphh...
Tapi syukurlah, dengan badan yang lebih kecil daripada mereka bisa nelungsep sana-sini.


Dari salah satu pancuran itu ada yang namanya Tirta Pengentas, dalam bahasa indonesianya ditranslate secara ga bener artinya tirta pamungkas atau tirta mungkin lebih ke sesuatu yang berarti menyelesaikan. Air dari pancuran ini khusus untuk orang meninggal, jadi dipercikan pada saat acara pemandian mayat. Jika keblalasan saja kita mengguyurkan kepala di airnya, maka akan jadi mayat. (Upss.. yang ini ga bener, bercanda doang).

Walau rame, syukur ga lama ngantri. Sekitar satu jam aku selesai dan kedinginan. Bersama teman cewek kemudian menuju kamar ganti dan... yah... anak anak cowok sempat-sempatnya juga mejeng narsis.


kebetulan waktu itu juga sedang ada desa yang merarianan (sejenis perjalanan ritual) kesana. Ada iringan umat, disertai barong sesuunan dan gong. sayang waktu itu aku lagi ganti baju jadi tidak melihat langsung. namun temanku sempat mengambil gambarnya.





Di sebelah belakang kamar ganti ada kolam dengan ikan Mas Kokinya yang gede-gede. Banyak sekali. Bagi kucing-kucing liar, tahan lidah biar ga kelenger ya (melirik seseorang) hiii







Puas poto ikan, saatnya narsisin diri sendiri. jangan ada yang protes ya!!


(kali ini anggurnya ga ada :P)





Sekitar jam 1 siang, perut sudah kelaparan. Akhirnya pulang, sampai rumah langsung, makannn.........
Ya sudahlah, segitu saja dulu.
Thataa....


Abis ngepost mampir ke blog teman dan bilang "Abis ngelihat ikan mas koki segede kucing, sekarang lihat blog teman"
Dia menjawab, "Mimpi kali lihat ikan mas koki segede kucing"
Dan kujawab, "Emang, kalau ga mimpi mana bisa lihat ikan mas koki segede kucing"
Jadi, aku lagi tidur pas bikin judulnya....



21 komentar:

  1. ada yang nyinggung2 kucing????

    BalasHapus
  2. komenganku harus di approve ya...

    ehhh masih ada yang nyebut2 kucing????

    BalasHapus
  3. diaprovve kok.........
    kali ini akan hati hati, mau nambah mata lagi biar bisa bedain aprove sama reject dengan jelas, wuakakak

    merasa kepanggil ya tadi? duh... naluri kucing memang tajam.. ckk ckk ckk

    BalasHapus
  4. ikannya bisa aku makan?

    btw kalo nggak pake approve gimana?

    BalasHapus
  5. Enak yaa liburan jalan jalan.....

    BalasHapus
  6. Wah,enak bgt jjs nya! Bali TOP BGT... Jiah kirain mag ada,trnyata ini hanya mimphie... Tp brharap itu tdk nyata! Serem kalie..

    BalasHapus
  7. gitu dong, isi postingannya makin yahud. ikannya cakep2 ya...
    ati2 si Joe kan meong, ntar dimakan tuh. he he he....
    tersinggung dia ya? wakkkakk...

    BalasHapus
  8. ini khan dibelakang istana presiden itu ya?
    emang bagus
    eh ada air panasnya khan?
    lupa2 inget

    BalasHapus
  9. Lha fotomu yang mana?
    Penasaran pgn liat mocca chi yg mana..hehe

    BalasHapus
  10. lha,,dari sekian banyak foto itu, mocca_chi yang mana??

    BalasHapus
  11. wah mau protes ah, katanya mau narsis-narsisan hehehehe :P

    eh ikannya bisa dimakan gak ya ?

    BalasHapus
  12. pingginnya fotonya mocca di tandai biar ku bisa bedain mana yang mocca mana yang ikan koki :D

    eniwei, betewei, berabe sering2 posting tempat2 menarik di bali ya..., biar jadi tahu keunikan sisi lain bali lewat blog ini. nice post!!

    BalasHapus
  13. wong bali yak ? salam kenal ... boleh juga nih,,terus masukin info tentang bali ya. Lumayan bisa jadi referensi travelling ^^

    ::www.nandosteps.co.cc::

    BalasHapus
  14. Busyet dah...
    gede banget ikannya...

    Duh... kapan ya aku bisa ke Bali???
    tempatnya bagus2 banget...

    :D

    BalasHapus
  15. Sambil menyelam minum es campur wekekeke....

    Emang gak ada matinye Hari Raya di Bali...

    BalasHapus
  16. chiiiiiiiiii....
    aku udh pernha nih kesini tp liburan kmnrn gak kesono hehehe...
    jadiii chi ygmana kah diantara 2 cewek manis ituhh??

    BalasHapus
  17. tampak siring kan? ikannya mau disentuh lo!

    BalasHapus
  18. dari sekian banyak foto, apalagi aq pantengin tuch poto yg memotret semuanya yg terakhir itu, dan aq bingung si mocca_chi yg manaaaaa????? hehehehehe

    eh mocca_chi org bali, sama donk ama itik bali.

    BalasHapus
  19. Mocca...kapan si kamu ngihatin foto,masa aku harus nglihat ikan mas koki

    BalasHapus
  20. dasar mocca, fotonya dari kejauhan mulu :P Ayooo...tunjukkan dirimu :D

    BalasHapus