Rabu, 13 Mei 2009

Hal Yang Mengerikan Itu....

Hal mengerikan yang ada dalam pikiranku selain menonton film horor adalah......


Iya benar, mengurangi porsi makan, memperketat aliran kalori yang masuk ke tubuh, mengkonsumsi banyak air putih, duh membayangkannya saja sudah berat. Apalagi menjalankannya.
Bahkan, bertahun-tahun aku terbelenggu pada masalah obesitas yang ternyata hilang dengan sendirinya seiring jalannya waktu, bendera putih sudah melambai sebelum aku memutuskan kalau aku harus menjalani diet.

So, kenapa sekarang harus diet?
Walau nyadar sekarang lebih gemuk daripada kemarin, tetapi teman-teman bilang aku tidak gemuk lagi, tapi sekarang aku harus diet.

Kemarin malam aku nganter teman ke dokter. Itu kali kedua aku masuk ruang dokter kandungan, melihat USG rahim seseorang di layar monitor. Kerennya, untuk pertama kalinya kemarin aku ngelihat yang namanya test pack. Ternyata kukira tes pack itu batangan, eh ternyata hanya kecil pipih seperti jenis kertas sampul buku. Tapi... test pack sama sekali tidak ada hubungannya dengan diet bukan?

Memang tidak. Setelah dari ruang dokter kandungan, temanku mencoba tes di apotek. Tes gula darah dan tensi. pertama tes gula darah. telunjuk tangan kanan temanku ditusuk jarum, darahnya dioleskan pada selembar kertas tipis yang kemudian dimasukan ke sebuah alat mirip remote. Hanya menunggu dua belas detik, maka sebuah angka muncul di layar alat itu. 125 mg/dL, ukuran kadar darah normal orang sebelum makan itu sekitar 70-110 mg/dL, namun dokter menganggapnya wajar karena sebelumnya temanku makan gorengan.

Aku dibujuk untuk tes, dengan segala bujuk rayu dan kebohongan yang bilang bahwa sama sekali tidak sakit waktu ditusuk jarum, yang tentu saja memang bohong. Namanya ditusuk jarum ya sakit, bahkan sampai di rumah juga masih kerasa sakit (bahkan sekarang saat ngetik masi terasa, hiksss)
Dan yang membuatku shock, angka di layar alat itu menunjukan angka 135 mg/dL. Oh, tidak, kadar gulaku jauh di atas normal.

Alamak. Pamanku memang kena diabetes, dan dengar-dengar itu penyakit juga keturunan. Iseng aku search di gogle, ada sebuah artikel yang menyebutkan bahwa Diabetes berarti "mengalir terus" karena penderitanya selalu minum dan dalam jumlah banyak, kemudian mengalir terus berupa urin alias kencing. Iya betul, aku kan memang beser.

Selama ini aku paling kuat makan nasi. Walau sayur juga suka, namun perbandingannya sangat jauh, olahraga juga sangat kurang, tidak pernah gerak dan suka ngemil roti cokelat dengan teh manis.

Karena itu aku sekarang harus diet. Mengurangi nasi, tidak ada teh manis sekali sehari, tanpa roti cokelat, no ngemil, menyingkirkan gorengan, tidak ada makan malam dua kali, sehabis makan roti tidak boleh makan nasi, atau kalau sudah makan mie jangan makan nasi lagi. Duh, neraka apa pula ini.

Ada cara lain katanya untuk menurunkan gula darah. Salah satunya makan bawang merah. Sehari sekilo, biar bau badannya apek seperti kambing wkwkwkkw
Lalu katanya makan undur-undur. Yak ampun bujubuneng, makan undur-undur? tinggal buka mulut lebar-lebar kalau bawa motor malam-malam, membiarkan binatang itu masuk ke dalamnya, lalu sekali telan langsung happ... seperti cicak makan nyamuk.
Jawabannya NO WAY

Yah,memang ga ada cara lain selain DIET KARBOHIDRAT. Minta doanya ya, biar kuat menolak salah satu surga dunia. Deuh...
Dan... Eh ya bener. Gula darahku tinggi, pantes saja orang-orang bilang aku manis. Duh, jadi maluuu



Gambar dari http://www.amihungry.com

24 komentar:

  1. selama ini aq masih disuruh diet ama mama, tp yg ada aq gak ngerespon..... dan baca artikel ini aq jadi takut tuch, abisnya keluarga papa kena diabetes dan papa juga kena diabetes... eh apa diabetes itu juga disebabkan karena keturunan.

    OH NO!!! kalau aq siy ogah2 kalau harus diet, tp ya mau gimana lagi yak kalau jadi kamu aq malah akan jadi bingung tuch.

    tp yg jelas SEMANGAT yak!!! ayo sukseskan DIET!!! *melirik keatas* waduh.... aq udah koment banyak banget. undur diri dech....

    BalasHapus
  2. diet itu hanya mengingatkan untuk menyeimbangkan alam dan tubuh kita

    BalasHapus
  3. diet? aku gak pernah melakukan itu. masa sih kamu gemuk? enggaklah. mau kurus kyk apa non?

    BalasHapus
  4. diet sih boleh, tapi jangan berlebihan yah... diet sehat aja... ntar bisa sakit kaya' aku lho!!

    BalasHapus
  5. judul yang menipu....

    iya nih kayanya harus diet :((

    BalasHapus
  6. Sem0ga dietnya berhasil yaa....

    Tp qt beda, gw skrg malah pgn gendud lagi... Pgn nambahin jd 63kg... Skrg msh 59... Huhuhu...

    BalasHapus
  7. Kmrn lupa dijilat jd ga tau semanis apa rasanya mbak mocca inih qiqiqiqiq..

    BalasHapus
  8. mm,,sukses buat dietnya ya!
    tapi jangan diet doang,,pola makan harus teratur dan jangan pernah biarin kamu kelaparan, soalnya salah-salah bisa kena penyakit yang lain.
    good luck!

    BalasHapus
  9. aku ngga bisa diet karena mag... ngga makan dikit... mesti sakit. huff. senangnya hidup indah tanpa diet hehehe

    BalasHapus
  10. nah.. klu saya diet bagaimana juga?!?!

    BalasHapus
  11. aduh, gue orang kurus jadi ga bisa ngerasain.

    daripada diet mending jadi SIX PACK!

    BalasHapus
  12. Aku tdk diet tp program hdup sehat. Luar biasa manfaatnya... Ganda kuadrat dah!! D cobanya, jgn pake target2an nanti malah beban loh!

    BalasHapus
  13. Waduh pengen diet y?
    W malah pengen gemukin bAdan neh.
    Gmana cAranya y?

    BalasHapus
  14. Haloo..Mocca_Chi,wah aku ikut prihatin nih...berarti sekarang kamu harus rajin dalam mengatur pola makan dan jangan asal samber aja walaupun makanan itu uenaaak banget
    gimana setuju...

    BalasHapus
  15. Kekna kalo lama lama mantengin si ochi neh lama lama aku juga ketularan diabetes dehhh...
    maklum udah maniss mantengin orang manissss jadi dehhh diabet...

    BalasHapus
  16. Gak diet-Diettan aaahh..!
    Say kurang jelas tulisannya,mungkin templatnya kali ya,atau mata Mell yg mula burem..haha..!

    BalasHapus
  17. Pertamaxxx..... *dari hongkong*

    btw, kirain masalah ripiu pelem ternyata masalah body... hohoho...

    kalo diabetes ntu harus minum propolis chi...

    hehehe... biar maknyuss...

    BalasHapus
  18. komeng lagi biar banyak...

    hmmmm.... tapi aku lupa komeng apaan nih...

    tunggu postingan tentangmu besok ya... terbit setiap pagi.... harian kucing zujoe...

    BalasHapus
  19. kalo gemuk ntar ban motor bisa kemper terus

    BalasHapus
  20. wedew, ayo berjuang heuheuheu, tapi jangan terkekang terus, bisa2 nanti sakit

    eh kalau mau lihat janji Joni mendingan di You Tube :D, di sana komplet lho ...

    BalasHapus
  21. mocca kan gak gendut, ngapain diet? :P

    BalasHapus
  22. Ayoo gowes-gowes... Nanti kalo aku dah di Bali, kita gowes bareng..... ;)

    BalasHapus