Rabu, 24 Februari 2010

Mengantuk Setelah Makan Siang?

Kata orang mengantuk itu virus menular, jika satu orang saja menguap di sebuah ruangan, maka seisi ruangan bisa ikut-ikut menguap. Yah, hampir setiap orang mengalaminya, terutama di sela-sela pekerjaan sehabis makan siang.

Hahaha... ngantuk di siang hari bukan hal baru sih. Ini sudah menjadi kebiasaan, apalagi saat kerjaan sedang lowong dan suasana benar-benar pas untuk tidur. Banyak orang mengalami jadi ini adalah sesuatu yang wajar.

Tapi, apa sih yang membuat ngantuk sehabis makan siang ini menjadi seperti fenomena? Hasil googling dari beberapa website, secara umum rasa ngantuk ini memang dipengaruhi oleh faktor biologis tubuh kita. Ada beberapa faktor yang bikin kita ngantuk.

1. L-Tryptophan. Ini adalah asam amino yang menjadi bahan dasar terbentuknya niacin, vitamin B. Niacin sendiri akan dipakai untuk membuat serotonin, zat penghantar sinyal di otak yang dapat menimbulkan perasaan nyaman dan menyebabkan kita jatuh tertidur. Makanan yang kaya karbohidrat seperti nasi, akan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin, yang akan menyimpan makanan dalam tubuh. Beberapa asam amino lain yang tadinya terkandung di dalam darah bersama-sama dengan L-Tryptophan, akan masuk ke dalam sel otot. Akibatnya, akan terjadi peningkatan pada konsentrasi relatif L-Tryptophan dalam darah dan serotonin yang terbentuk membuat kita mengantuk.


2. Proses pencernaan makanan
Tubuh akan mengirimkan darah ke sistem pencernaan karena proses pencernaan membutuhkan energi yang cukup besar, apalagi kalau makanan yang perlu dicerna mengandung banyak lemak. Energi yang diperlukan juga akan semakin bertambah besar seiring dengan semakin banyaknya makanan yang kita konsumsi. Pada saat ini, sistem saraf juga menyumbangkan sebagian stok darahnya dan sebagai akibatnya, sistem saraf akan mengalami kekurangan oksigen untuk sementara. Menurunnya efektivitas kerja saraf pada saat sistem pencernaan bekerja inilah yang juga membuat kita ingin tidur siang.

hahaha.. proses yang agak ngejlimet jika kita membayangkannya dengan mata ngantuk, tetapi dari dua point diatas yang diambil dari sebuah website, secara umum yang bisa bikin ngantuk saat siang-siang itu adalah, jenis makanan yang kita makan serta volumenya.

Tips untuk tidak ngantuk, berdasarkan faktor diatas, bisa dilakukan dengan mengatur jenis makan siang yang kita konsumsi, semakin berat maka semakin banyak energi yang dihabiskan untuk mencernanya. Namun makan siang adalah kebutuhan mendasar bagi manusia, jadi jenis makanan yang kita makan saat makan siang agak sulit kita siasati kecuali bagi orang-orang yang sedang diet. Tetapi ada baiknya jangan makan makanan yang banyak lemaknya. Atau nasi serta karbohidrat kebanyakan, menu perlu disesuikan dengan asupan serat sehingga proses pencernaan dalam perut bisa lancar.

Bagian yang bisa kita atur adalah volume makan yang masuk ke dalam tubuh. Nah jangan membiasakan diri makan banyak-banyak pada siang hari. Hohohoo... pantesan kadang badan terasa tidak enak kalau kebanyakan makan, entah itu pagi, siang atau malam.

Tips lain?
Halah, cari sendirilah. Kita sudah tahu penyebabnya, jadi mengesampingkan masalah psikologis entah itu kurang tidur, sugesti, capek bawaan ataupun malas, kita bisa menyiasati makan siang kita agar tidak ngantuk, yah tidak ngantuk berlebihan deh minimal.

Dan yikakak... keknya aku pernah menulis yang begini, ngasih tips yang 'ga bener' dan ngaco. bisa lagi dilihat di page ini dan jangan ngira orang yang ngasih tips ini udah bisa berhasil melaksanakannya. Ngantuk itu bawaan lahir, hiiii

21 komentar:

  1. jiaah... baru dibaca2 bentar udah posting lagi.. gak papa deh yg penting pertamaaaaaax.. yes!!

    BalasHapus
  2. ngantuk siang? kalo aku biasanya karena kurang tidur aja.. hehe.. maklum soale biasa begadang.. hihi..

    BalasHapus
  3. hahhaa.. itu pengalaman pribadi ya???

    Biar ga ngantuk, tetap blogging dan facebooking di kantor, dijamin!

    Btw, itu foto loe... xiixixiixi

    BalasHapus
  4. ngantuk yg luarbiasa itu pas bulan puasa, wiiiih klau siang nguaaantuknya ampooon hehehe, habis maem siang mah jarang ngantuk, kecuali habise begadang...kamu ngantuk'an ye Chi :)

    BalasHapus
  5. uhfff..lha aku malah gi pengin ngantuk nh, habis susah tidur beberapa hari ini. jadi,aku ngikut tips tapi dibalek?

    BalasHapus
  6. Ngantuk!
    Ini menarik ni., bahas masalh ngantuk!
    Thanks info_y!

    BalasHapus
  7. terkikik liat gambarnya. tapi ngantuk di siang hari itu memang menyebalkan, menggaanggu produktivitas.

    BalasHapus
  8. besok2 bisa nggak kasih trik bekerja sambil tidur,heheh....
    yang jelas kalo lagi ngeblog nggak boleh ngantuk yah :)

    BalasHapus
  9. Untung di Indonesia ada budaya tidur siang, he he... :D

    BalasHapus
  10. kalo aku ngantuk karena kurang tidur.....hoaaeeemmm!!

    BalasHapus
  11. cocok Chi..ngantuk bawaan lahir...lebih aneh kalo kerja lg ngga mood en baca yg berat2 koq ngantuk tapi kalo ngeblog kenapa ilang ya ngantuknya...hehehehe...

    BalasHapus
  12. kalau aq jarang makan siang, aq biasanya sarapan pagi, makan lagi sore ama jelang tidut

    Parse Code HTML Ala Mbah Google

    BalasHapus
  13. ooooo........ itu ya gara-garanya.....saya pikir kemaren makan siang saya diisi obat tidur ma ibu yang jual makanan.......

    maaf ya bu udah nuduh sembarangan!!!!

    BalasHapus
  14. Liat gambar itu, aku jadi mbayangin kamu hahahah

    BalasHapus
  15. yg sering ngantuk di kantor kan kamu nchi

    BalasHapus
  16. Hahaha ini kan udah penyakitnya semua orang

    BalasHapus
  17. wah kebiasaan banyak orang nuy hahahh kalau kekanyanagn makan siank jadi gini nuy ckckkc

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasih
    salam blogger
    :D

    BalasHapus
  18. hhahahahaa ngantuk itu bawaan lahir yaa.. ahahahha :D
    cara supaya nggak ngantuk.. jangan diem stelah makan! jgn duduk saja, badan dan mulut mesti gerak dan aktif. bisa dengan nyanyi2, ngobrol dengan teman, atau jalan2.. hehe.. it works loh!

    BalasHapus
  19. dapatkan artikel menarik lainnya di http://www.akirnya-aku-tahu.blogspot.com

    BalasHapus