Jumat, 14 Agustus 2009

Acara Arwah Massal

Pagi ini dingin sekali, walau biasanya bangunnya sama sama setengah 7, namun ternyata perbedaan lokasi tempat kita terbangun itu mempengaruhi suhu udara. Ya, tentulah. Daerah dekat pantai sama daerah dekat gunung, terpisah ratusan kilometer membuat cuaca juga berbeda.

Halah, mau kemana sih ini ceritanya.
Ehem... pagi-pagi waktu buka imel, ada pesan dari yang merupakan komengan dari post terdahulu. Ada yang minta poto-poto acara kemarin. Iyah, kemarin aku ijin kerja. Ada acara di rumah, ada ngaben. Sudah sejak sebulan yang lalu orang rumah sibuk, ibunya nenek (entah nenek yang mana) meninggal dulu. pada hari kamis kemarin, diadakan ngaben massal dengan jumlah peserta 55 (mantan) orang yang disebut Sawa.

Lama ga share poto-poto nih, kali ini potonya rada jelek soalnya diambilnya pake HP rampokan, terus rame jadi ga bisa close up.

Acara dimulai sekitar Jam 11 Siang. Ada beberapa elemen penting yang dibuatkan untuk amsing-masing Sawa dalam acara. Ada yang namanya "Adegan" (e dibaca seperti dalam kata elang), itu merupakan simbul badan orang-orang yang akan di aben. Karena di kami tidak ada sistem bongkar kuburan untuk mengambil tulang, maka yang dibakar adalah sesimbulnya. Adegan ini, dari tempat persiapan yang disebut Pekarangan dibawa ke kuburan dengan cara digendong oleh keluarga.



Elemen lainnya adalah tempat pembakaran. Biasanya dipakai patung singa atau bangunan berbentuk kotak dengan atap seperti atap rumah. Yang dapat potonya cuman poto singanya, diambil sama saudaraku. Hmm... antara poto sama orangnya mirip ya



Singa ini sudah disembahyangin, paling pertama diarak ke kuburan. Berdasarkan kepercayaan, patung sejenis ini kalau sudah disembahyangin bisa kek bertuah, mempengaruhi orang-orang yang membawanya hingga bisa seperti orang mabuk yang mengalami euforia, jadi bersemangat berlebihan, hingga-hingga waktu mengaraknya teriak-teriak dan lari ga jelas. Hal yang sama bisa terjadi pada Ogoh-ogoh, tahu kan yang dipakai pada dekat hari Nyepi.

Elemen lain lagi, diantaranya kain kamben sama kafan putih kuning dipakai alas adegan saat diletakan di wadah. kain ini harus dibawa oleh laki-laki, dengan cara dipanggul di leher.
Ini poto agak promosi, ada yang minat ga, masih jomblo nih, hiii (semoga orang ini ga marah-marah potonya dipajangin disini, hii)



Elemen lainnya masih banyak, entah apa namanya yang jelas ikut dibakar bersama adegannya. Biasanya dibawa sama kaum wanita dengan cara dijunjung di kepala. (Sumpeh, yg di poto kedua berat banget euy)





Setelah mantra mantra serta percikan percikan air entah apa, Singa juga elemen lainnya dibakar. Namun ada satu hal yang entah apa namanya diambil dan dibawa ke tempat lain untuk diulek, halah. kek ulek cabe. Ntar ulekan itu akan dibawa ke sungai paling belakang di wilayah desa dan dihanyutkan.

Pada malamnya, diadakan acara Nyekah (suer, ga punya penjelasan untuk jenis acara ini) di pekarangan dan diikuti oleh acara potong gigi masal. Aku sudah ga kuat gadang, jadi jam 9 ijin pulang dan zzz zzz zzz

Poto-poto lain deh,

















Pantat singanya sekseh euyy......
































Memutari Singa tiga kali, entah kenapa angka tiga dalam Hindu begitu keramat.



















Proses peletakan adegan dalam perut singa (ceritanya satu singa bertiga)

















Bakar bakaran...

















ehem... siapa yak????


















wuih, telinga bule nya cakep oe dari belakang....


Berikut ini acara makan nasi bungkus yang dibungkus sendiri. Hidup memang ga lengkap tanpa anak kecil. hiii
















72 komentar:

  1. :e: mengamankan kaplingan (lagi)....

    BalasHapus
  2. Wedew, acara'x kok nggak keliatan serem yah..???
    Hihihi, padahal kan berhubungan dengan arwah...
    Hmm, udah biasa kali yah :m:

    BalasHapus
  3. akhirny di post juga oleh2nya :j:

    BalasHapus
  4. tika kira tuh pake mayat beneran makanya keliatan serem, ternyata cuma simbol aja yah???

    BalasHapus
  5. makacih yah nchi :j:

    itu cewe siapa, nchi???

    BalasHapus
  6. :j: bali selalu ramai dengan perayaan :)

    BalasHapus
  7. potonya buannyaaakk amaaatt...


    eh,, ntuh bule kok yah yg dipoto kupingnya doang sih?! dari belakang lagi,, hihihi.. :g:

    BalasHapus
  8. bakaaaaaaaaaaarrrrrr kucccccciiiiiinnnnnnnggggggggggggg :k:

    BalasHapus
  9. sapa yuh pake kebayaaa? :g:

    BalasHapus
  10. tebak ahh..nchi dudutkah itu ?

    BalasHapus
  11. ada kucing yang ikut kebakar gak tuh ? xixixixi

    BalasHapus
  12. wah, telinganya keren. orangnya keren gak? he he he...suka bule juga ya?

    BalasHapus
  13. Chi...kamu yang pake kebaya itu yak? sekseehhhh skali bok :g:

    BalasHapus
  14. kualitas fotonya bagus koq chi...

    aku jadi nambah wawasan nih buat pengembangan konsep di kelas. makasih yah chi...

    btw,... salam buat yang pake kebaya.

    BalasHapus
  15. Bnyk bgt putunya. Kpn ya nyusul k bali? Cm pengen cuci muka kok. Hehehe

    BalasHapus
  16. siapa yang pake kebaya?? nchi dudud???? ouhhh jangan pitnah oe semuanyaaaa :d:

    BalasHapus
  17. ngelanjutin nyepam ahh... tadi break ada acara mati lampuu .. :g:

    BalasHapus
  18. OO ... foto-fotonya sangat menggoda.
    Sungguh daku sangat ingin sekali rasanya berada disana.

    nice sharing....

    BalasHapus
  19. wew..pitnah tuh nchi ...
    nchi yang di gotong keliatan belakangnya merah tau... :g: :g: :g: :g:

    BalasHapus
  20. hehehe...kek seru, jadi inget ma temen aq ditolitoli, klo lagi ada perayaan kek gini dia selalu bawain aq buah2an

    BalasHapus
  21. hehehe...kek seru, jadi inget ma temen aq ditolitoli, klo lagi ada perayaan kek gini dia selalu bawain aq buah2an

    BalasHapus
  22. :b: yang pake kebaya ntu nchi ya... hohohoho.... :e: aku koq telat ya??? yang enting kaplingan aman...

    BalasHapus
  23. kalo yang di poto yang pertama masih jomblo ga??? :j:

    BalasHapus
  24. jadi pengen bakar bang meong hahhahhahhhaah

    :g:

    BalasHapus
  25. :a: kenapa kucing yang di salahiiiinnnn????? Tikaaaaaaaa..... tak cakar kamu...

    BalasHapus
  26. lha ngapain lagi ella ikutaaaaaaannnnnnnn :l:

    BalasHapus
  27. whoa..teh ella jgn!! jgn bakar kucing kuw, emang dia kreatip banget, makanya suka cakarin orang. entar kukunya ta potong :j:

    BalasHapus
  28. btw, cowo yg pake kemeja item tuw koq malu2 ya dipoto padahal masuk blog lho, seandainya dia tahu pasti dh pose paling keren dh

    BalasHapus
  29. aq masak dulu akh...baru nyambung nyepamnya :e:

    BalasHapus
  30. mbakyuuuu sekalian yah kukuna si kucing di cat merah putih, biar bisa d pasang di tiang bendera!

    BalasHapus
  31. WAH, akhirnya diriku berhasil melihat wajah aslimu nchi, kok merah ya mukanya hohoohhohohohoho

    BalasHapus
  32. eh salah, nchi kan yang pake kebaya merah hohohohohohohoho

    BalasHapus
  33. eh salah lagi, nchi kan yang ada di balik telinga Bule ituh hohohohoho, hayo apa yang ada di balik telinga :P

    BalasHapus
  34. Wuiiih... sepertinya seru buanget ya Mbak...

    Sekalian minta maaf ini.
    Maaf saya mengikutkan namamu dalam postingan baruku.

    BalasHapus
  35. Ya ini nitip link aja Mbak Chik...

    BalasHapus
  36. Mantab... tambah wawasan nih, photograper drmana ya? Haha..

    BalasHapus
  37. wedew,,jadi tiap orangyangh meninggal mesti di "ngeben" nin yah, hmmm,,,pasti banyak biaya buat upacaranya.

    eniwei, betewei, berabe aku kesengsem ama poto yang terakhir? siapa yak yak yak???

    BalasHapus
  38. :g: si mas mas td itu pacarnya si cw yg pake kebaya kan iia nchi..?!?!??!? :g: jelas2 di situ semua pake kebaya.. huakakakakka... berarti pacarnya semuanyaaa :g: napa sii gw?!?!?? :h:

    BalasHapus
  39. panjang sekali yak acara prosesi ritualnya:j:

    BalasHapus
  40. walah walah tapi itu koq yo ada banyak model dan banci kamera dadakan to yo:l:

    BalasHapus
  41. mbak namaku wendy ini, nggak di teh linda nggak di sini aneh deh... mana ada kamera yang banci??? ckk ckk ckk... :d:

    BalasHapus
  42. mana2 banci kameranya?? :b: walah, mba namaku wendy dimana2 kamera gag ada sex-nya, tp perpaduan hahahaha...:g:

    BalasHapus
  43. wow...aq ampir lupa nyapa yg punya blog. loha Nchi....

    BalasHapus
  44. hohoho...aq baru nyadar yg lagi motret ntu bule, kirain yg lagi poto :k: bulenya bapak2 sih bukan brondong

    BalasHapus
  45. hepi wiken Nchi...bsk mo maen bola ya :m:

    BalasHapus
  46. . rame bgt ya....

    . eh2 btw itu ceweknya yah yg dipoto.... Xp

    BalasHapus
  47. nchi...yg pantatnya merah itu nchi?
    ckckckckckck....

    BalasHapus
  48. maap nchi telat nih bekunjung
    maklum kmrn (sok) sibuk...trus kalian KMB kan...aku gk ikut jg huhuhuuh.... hasilna apa nchi??

    BalasHapus
  49. jadi yg pake kebaya itu bukan nchi??
    jiaahhh...dikau hrs memberitahuku loh ntar klo aku ke Bali kopdaran celingak celinguk cari dirimu...

    BalasHapus
  50. nchi...aku pikir udh bny yg komeng, ternyata plg bny komeng ya si spammer itu semuaahh dooh dududz!!
    sama di tmpku jg masa 17 komengan cmn buat si kucing ama tika!! :d: :d:

    BalasHapus
  51. untung nchi ga ikut kebakar... hihihi *kidding*

    BalasHapus
  52. nchiiiiiiii... ayo tunjukkan wujudmu!!!!

    BalasHapus
  53. nchi cantik ya ternyata....heheheeheh

    BalasHapus
  54. eh di foto itu ada anak-anak manis...

    BalasHapus
  55. teh linda... kalo mu kopdaran ma nchi gampang koq... nanti pas ke pante, cari aja satu-satuna orang yang lagi di atas pohon kelapa... dia ntu dahh... tinggal lempar aja dari bawah... :c:

    BalasHapus
  56. bobo ahh bentaran nunggu jam 3 :h:

    BalasHapus
  57. Hasil foto2 bagus2 mbak..jadi pengen kesana lihat acara seperti itu..

    BalasHapus
  58. wah...upacara ini langka yah...jadi pengin ke bali ....:j:

    BalasHapus
  59. yakin yang di poto pake kebaya dg tulisan ehm siapa yah itu bukan kamu chi? hayo2 ngaku :n:

    BalasHapus
  60. mocca-chi berbaju biru apa ya

    BalasHapus
  61. di Bali acara2 adatnya masih lestari bgt ya? wah long weekend ini pasti rame bener nih, pada kesana semua orang seIndonesia (lebaaayy...)

    BalasHapus
  62. Chi, lama amat diriku gak ke sini... hmmm, info budaya yang unik. Ini nih enaknya di blog, gak harus ke Bali ngelihat yang ginian.. ;)

    BalasHapus
  63. kok ga ada photomu chi ? kebakar yah foto yg ada kamunya hihihihi.... sepupumu boleh juga tuh buat selingan wakakkakak...

    BalasHapus
  64. nglihat gambarnya nchi cantik ah....hihihihiih

    BalasHapus
  65. kamu yg pake kebaya itu yaaa...
    manisss...yaaa... :j:

    BalasHapus
  66. belom pernah ngeliat ngaben langsungneh

    merdeka!!!

    BalasHapus

About