Rabu, 19 Agustus 2009

Tradisi Beli Baju Baru

Bagi kami, hari raya yang paling menyenangkan adalah hari raya Galungan dan Kuningan. Kami memperingatinya setiap 6 bulan sekali waktu kalender Bali, dan selau jatuh pada hari Rabu. Galungan dimaknai sebagai kemenangan dharma melawan Adharma.

Salah satu tradisi menyenangkan di desaku dalam menyambut galungan adalah, beli baju baru. Rasanya tidak lengkap kalau hari raya tanpa baju baru, ditambah, kalau bertemu saudara pasti ditanya, "Mana baju barunya, kok tidak dipake?"

Entahlah tradisi ini berawal sejak kapan, tetapi yang jelas turun temurun. Namun berdasarkan cerita-cerita tetua, katanya pada jaman dulu kemewahan hanya didapat pada saat hari raya Galungan. Nenek cerita kalau dulu beliau hanya makan nasi beras pada saat galungan, hari lain hanya makan nasi jagung. Mungkin begitu pula dengan baju, orang-orang baru dapat beli baju saat hari raya.

Berhubung waktu kecil aku tidak punya saudara yang belum menikah, maksudnya saudara yang sudah kerja dan belum punya tanggungan anak untuk dibeliin baju, jadi yang beliin baju itu pasti selalu ibu. Mungkin naluri seorang ibu, setiap baju yang dibelikan aku selalu suka. Satu stel gaun dengan rok, atau kadang celana panjang. Setelah selesai sembahyang, maka salah satu teman akan datang dan kami berempat siap untuk jalan-jalan. Jalan-jalan disini bukan berarti naik motor ke objek wisata. Tahun 90an itu belum waktunya untuk anak SD jalan-jalan jauh, tetapi hanya berjalan kaki mengitari desa. Jadi jalan beneran. hiii

Lalu masa sekarang bagaimana?
Nah, berhubung aku sudah kerja dan tidak punya tanggungan, maka sekarang aku jadi tukang beliin baju. Berawal dari adikku paling kecil, walau selalu sebatas hanya kaos cowok dan kadang celana jeans. Lalu si Cantik, nah dia sekarang sudah bisa rekuest baju, kapan itu sempat dia bilang "Minik, kayang ne gapgapin baju nah" dengan suara cadelnya. Lalu ada anak sepupuku yang lain. Dan kemudian, ada anak sepupu yang lain dua orang juga, dan... tentunya tambahan itu hanya kalau ada uang lebih.

Beginilah resiko jadi Tante yang manis, sampai sampai ga sempat beli baju buat diri sendiri. Ada yang bermurah hati membelikan mungkin?Hiii...

60 komentar:

  1. *endus endus* kek bau dollar...

    BalasHapus
  2. :b: hoo... ternyata aku pertamax yaa???

    BalasHapus
  3. Aku mau juga dong dibeliin baju chi..

    BalasHapus
  4. Aku beliin baju batik polos mau nggak Chi??

    BalasHapus
  5. gimana kalo kita beli bajunya 1 lusin aja???

    BalasHapus
  6. yang ada gambar sapi-der-men-nya???

    BalasHapus
  7. ya udah deh tante nchi,,

    bntar lagi ada yg nyusuk minta di beliin juga

    BalasHapus
  8. Wkekekeke, si tante narzis rupa'x, wkwkkwkwwkkw..... :g:
    Wah, tante yg baik harus beliin baju baru tuh ama ponakannya....
    Kan udah dapat banyak $$$$ :g:

    BalasHapus
  9. chi kan galungan ben makelo......eh be paek e...????

    hehehe chi......bener kata joe kok mbau ndolar nih....?!?!?!

    BalasHapus
  10. :a: eh ini bener berbau dolar soalnya ternyata masuk ke shop wiki??? kok bisa chi mang ada paid review pake bhs indonesia ya???

    yang bahasa bali ada gak????

    BalasHapus
  11. sniff...snifff...i smells another green :e:

    BalasHapus
  12. hari ini Galungan ya? wah selamat hari raya Galungan Nchi...jgn lupa buah2annya dikirim kemakassar...nyam...nyam...nyammm...

    BalasHapus
  13. :l: Nchi...yg di paypal itu apa?!! :a: sini kirim ke aq entar aq bliin baju daster hehehehe...btw, klo jadi tante emang rada gag tega klo gag bliin baju ma keponakan, apalagi liat mukanya yg memelas :j:

    BalasHapus
  14. whoa..te3ka baek banget mo bliin km baju selusin, aq jg dunk :j: ya...ya...ya...

    BalasHapus
  15. btw, aq koq blom dpt ripiuan :j: pdhl aq juga pengen banget dpt dollar buat bli make-up :g:

    BalasHapus
  16. haha,, lah wong sayah juga g pernah beli baju mbak, selalu mengharapkan pemberian dari orang2 yg dermawan untuk sayah. :D

    tapi apa beli baju baru itu wajib?

    BalasHapus
  17. Mantabbb reviewnya.....hehehehehheeh

    BalasHapus
  18. ini repiu ato cerita ? he he he...duit...cringgg..duit...cring...

    BalasHapus
  19. Salam nchi, buat minik dan adk cowoknya.......hehehehehhe..
    maaaabbbb nchiiiiiiiii, buwel telat mengunjungimu, baru bisa OL.....

    BalasHapus
  20. Hmmmmmmm, ceritanya asyiiiik......Selalu penuh karakter....Siiip Deh....

    BalasHapus
  21. Hari raya apa saja sepertinya belum begitu komplit kalau tidak dirayakan dengan baju baru.

    Ayo ..mari kita berbelanja baju baru.
    wakakakaka

    BalasHapus
  22. hehehe...tante yg manies...narsis habis!!
    hoax2(*muntah2 keluar knalpot)

    tradisi beli baju sebelum hari raya tu sejarahnya darimana ya?? koq umat Islam juga melakukan tradisi yg sama seperti itu...klo orang diEropa melakukan tradisi itu juga ngak ya??...(*lha koq aq jadi bertanya-tanya, terus siapa yg mau jawab..&*^%&*)*%#)???

    BalasHapus
  23. menarik ceritanya, moc. selama ini kita cuma tau kisah2 lebaran dan natal, kurang dapet info tentang tradisi2 di keyakinan laennya. seru juga yahh... !! ^^ makin lama makin banyak tanggungan beli baju baru dong kalo gitu :p

    BalasHapus
  24. Nggak apa2 menyenangkan adik dan ponakan. Uang kan bisa dicari...

    BalasHapus
  25. tante..tante.. diriku mau dong dibeliin,, hihihihi... :g:

    BalasHapus
  26. Tante Chi yang baik... :n: mau juga dunk di beliin baju :c:

    BalasHapus
  27. Eh, lupa. tante yah yang minta beliin :k:. Yuk beli bareng2 tante, kita barter :j:

    BalasHapus
  28. ntu jalan2nya kemana nchi...????

    BalasHapus
  29. nchiiiii, kalau mau dianggap tante yg manis.... ada 1 tanggungan lagi yg harus kamu lakukan.... belikan juga diriku.... huwakakakakakak :g:

    BalasHapus
  30. wuiiihhhh gantian ya nchi.... aq juga gitu, tp tradisiku kalau pas hari raya idul fitri, eh sama2 hari rayanya yak.... xixixixi

    pasti dech sebelumnya banyak para keponakan2 minta dibeliin baju baru atau kalau gak ya uang baru.... hehehehehe :k:

    BalasHapus
  31. Eh baru tahu kalo Galungan itu 6 bulan sekali. Enak dong keponakannya, bisa sering dapet baju baru. Ga enak tantenya, yg sering2 bangkrut...

    BalasHapus
  32. ooo galungan itu 6 bulan sekali ya... :j:

    mbak, kalo belom punya baju baru bisa kok pesen ke akuu *jualan mode on* ongkirnya ke bali murah.... :g:

    BalasHapus
  33. ella mau juga donk dibeliin baju baru hehehhehe :g:

    BalasHapus
  34. Mau..mau.. dibeliin tante nchi, aku ponakan paling imut lho..hihi.

    BalasHapus
  35. Mau..mau.. dibeliin tante nchi, aku ponakan paling imut lho..hihi.

    BalasHapus
  36. Mau..mau.. dibeliin tante nchi, aku ponakan paling imut lho..hihi.

    BalasHapus
  37. Mau..mau.. dibeliin tante nchi, aku ponakan paling imut lho..hihi.

    BalasHapus
  38. :b: aku bingung nih, ini repiu atau bukan yaks.. kok tumben pake bahasa dewe'.

    BalasHapus
  39. beli baju, tapi ada cring, cring nya juga kekekekek


    ahli nian dirimu :D

    BalasHapus
  40. chi mau donk baju chi, baju ku pada bolong semua chi, siapa tau kamu punya baju yang gak bolong hoohhhho ...

    BalasHapus
  41. Tante yang manis memang harus begitu beliin baju para keponakan

    BalasHapus
  42. dolar endonesa? :j: makin binun dahh gw...

    BalasHapus
  43. beli baju baru juga? sama kayak kalo lagi lebaran.hihihi

    BalasHapus
  44. tante nchi...
    met pagi ehem ehem...ntar aku ke Bali dibeliin baju ya tante :c:

    BalasHapus
  45. btw tante...
    udh kaya kan duitna di paypal, aku kok blom ada request review ya tante...
    kan aku mau beliin tante daster

    BalasHapus
  46. maap ya tante dudud...
    aku telat bekunjungnya kmrn...soale lg males bw tante, skrg pak bos pergi miting ke jkt jd bs seenaknya deh inet-an

    HIDUP MAGABUT!!!!

    BalasHapus
  47. brati kek lebaran ya tante hrs beli baju baru, ato kek sincia pake baju baru jg, klo natalan? sama juga tante.... jadi sama dong kalo hari raya semuanya hrs pake baju baru???

    dudud ahh!!

    BalasHapus
  48. tante
    udh mkn blom?tumben gk magabut tante...

    BalasHapus
  49. Saya mengucapkan SELAMAT menjalankan PUASA RAMADHAN.. sekaligus Mohon Maaf Lahir dan Bathin jika ada kata kata maupun omongan dan pendapat yang telah menyinggung atau melukai perasaan para sahabat dan saudaraku yang kucinta dan kusayangi.. semoga bulan puasa ini menjadi momentum yang baik dalam melangkah dan menghampiriNYA.. dan menjadikan kita manusia seutuhnya meliputi lahir dan bathin.. meraih kesadaran diri manusia utuh.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Jiwa yang Tenang

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    BalasHapus
  50. sungguh harum si daun pandan
    kalau kepasar tolong belikan
    akan tiba bulan Ramadhan
    salah, khilaf bamz mohon dimaafkan

    BalasHapus
  51. Nchi aku mampir,..galungan masih lama
    udah mikirin baju baru ya??

    BalasHapus
  52. Jangan lupa kalo beli yang banyak payetnya ya
    biar sekalian kaya pengantin gitu
    ha..ha
    kaya penyanyi dangdut deng,..

    BalasHapus
  53. yaa wajar laah mbak hari raya galungan kaan emang hari yang sakral dan adanya cuma 2 kali setahun jadi enggak salah donk kalau dihari istimewa itu orang-orang pada membeli barang-barang yang bagus ataupun istimewah,,itu untuk membukti sebagai tanda syukur kepada penciptanya

    BalasHapus
  54. waah-waah ada apa dengan postingan dengan ini mbak??kook ada acara ditolak segala..emang ini review yaa?? :b:

    BalasHapus