Senin, 23 Agustus 2010

Tahun Depan, Transaksi Online juga akan Kena Pajak

Pajak mulai menggerayangi bisnis online. Mulai tahun depan, Ditjen Pajak akan mulai menyisir transaksi online atau e-commerce yang terjadi di internet guna meningkatkan pendapatan pajak. Jika selama ini Ditjen Pajak hanya memantau transaksi-transaksi tertentu, maka mulai belan depan orang-orang yang menjual atau menawarkan barang atau jasanya via internet akan mulai digentayangi oleh pajak.

Hal ini berdasarkan aturan bahwa setiap kegiatan usaha apapun yang berbentuk jual beli, baik grosir maupun eceran harus membayar pajak penghasilan sebesar 0,75 persen dari jumlah peredaran bruto per unit usaha setiap bulan. Karena aturan PPh tersebut, pengusaha yang menjajakan dan menjual barang atau jasa via internet juga bisa dikenai pajak. Hal tersebut sesuai dengan dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak nomor 32/PJ/2010 tentang Pelaksanaan Pengenaan Pajak 25 bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Pengusaha Tertentu.

Nah loo.... jika sekarang apa-apa dikenakan pajak, tambah mahal dong harga barang. Mending jika pemakaian pajak benar, nah kalau orang sejenis gayus masih bergentayangan di kantor pajak, sia-sia kita bayar pajak dunk?

16 komentar:

  1. jadi kalo kita dibayar sama blogvertise juga kena pajak? lah, bayarnya aja kadang cuma 2 dollar. hiks....nangis darah deh aku. iya kalo pajaknya utk kesejahteraan rakyat.

    BalasHapus
  2. adoh, pemerintah kalo ngurusin soal uang cepet banget..
    ngurusin yang laennya... lambretaaaaaaaa..

    BalasHapus
  3. gapap biar rata pajaknya
    asal jangan ada blokir blokiran aja

    BalasHapus
  4. Waaahhhh Makin Rumit neh Aturan....

    BalasHapus
  5. wah, pajak merambah segala bidang..

    BalasHapus
  6. ampoon dah kena pajak teruuus hehehe

    BalasHapus
  7. Nasib deh yang punya bisnis online :D.

    BalasHapus
  8. wew.. berarti makin mahal doonk.. hiks.. :(

    BalasHapus
  9. waks..sudah dapet potongan dimana-mana..ditambah ini pula. haduuuh..

    BalasHapus
  10. gpp deh,yang penting harganya naik juga,hehehe

    BalasHapus
  11. waduuuh...duit receh kok juga diurusin sih? Jadi pengen tahu, kalo pengemis ditarik pajak gak yah??

    BalasHapus
  12. wah bakalan tambah turun tuh pendapatan kita

    BalasHapus
  13. tul banget... sia2 aja tuh.. mending.. urus tuh si Gayus.. :D

    BalasHapus
  14. Salah besar bila kebijakan pajak di terapkan pada bisnis online karena kebijakan ini akan membuat sedikit banyak mengurangi gairah para pelaku bisnis online

    Seharusnya pemerintah membuat kebijakan yang positif yaitu menonaktifkan pajak agar pelaku bisnis online lebih subur dan bervariatif

    BalasHapus