Jumat, 20 Agustus 2010

Penggantian Kartu ATM Magnetik ke ATM Chip Berlaku Akhir 2010

Masih ingat kan berita tentang pembobolan ATM yang terjadi di kawasan Kuta beberapa waktu lalu?

Kasus raibnya dana sejumlah nasabah itu merupakan salah satu contoh rawannya penggunaan kartu ATM dengan magnetik strip karena kartu jenis ini bisa dengan mudah dibobol oleh penjahat cyber. Karena itu, Bank Indonesia menghimbau agar bank-bank umum bisa mengganti kartu ATM magnetic stripe ini ke ATM berbasis chip. Penggantian ini akan segera dilaksanakan di penghujung tahun 2010. Tiga bank umum besar di Indonesia telah melakukan semacam percobaan terhadap kartu ini, diantaranya BCA, Mandiri dan Bank Permata.

Standarisasi acuan penggunaan chip bagi kartu debet atau kartu ATM telah diselesaikan. Dan bank-bank besar diatas melakukan percobaan dengan standarisasi itu. Penggantian ini, selain ditujukan untuk memperbaiki sistem keamanan perbankan Indonesia, juga untuk efisiensi. Seluruh kartu tersebut bisa digunakan di seluruh mesin ATM maupun EDC antar bank-bank di Indonesia.

Kendala utama penggantian ini tentunya adalah masalah dana, yang dimana bisa menghabiskan sampai Rp 2 triliun Rupiah dan mungkin bisa tuntas dilakukan sampai waktu 5 tahun mengingat jumlah kartu ATM yang ada sekarang ini mencapai 45 juta.

Namun demi keamanan, mau tidak mau penggantian ini harus dilakukan demi keamanan.

15 komentar:

  1. Thanks infonya nchi, seperti nya cara yang efektif untuk membrantas kejahatan atm tapi yg prlu diketahui, didunia ini tdak ada yg aman..

    Oh ya Mbun dah Update ^ ^

    BalasHapus
  2. dirimu udah ganti kartu geg?
    Prosesnya lama banget soaleee.. bete..
    mana bisa hidup 2 mingguan tanpa ATM...????

    BalasHapus
  3. waaa...selama 2 minggu gak pake ATM ? mana tahannn
    kek punya duit banyak aja..
    hehehe

    BalasHapus
  4. Waduw...gila deh, muahal banget yah...
    Tapi wajar sih, sesuatu yang lebih bagus emang mahal :D
    Kan harga ikut menentukan kualitas :D

    BalasHapus
  5. wah sayang ya duit segitu cuma buat ganti kartu doang :) jadi kayak kartu kredit semua akhirnya hmmm pake chip..moga gak tambah mempermudah para hacker buat jebol atm hehehe

    BalasHapus
  6. wah baru tau nie...
    makasi yah udah share ^^

    BalasHapus
  7. wahhh... infonya masih ketahan nii saiia buat yang beginian :)

    BalasHapus
  8. makasih lho infonya, aku baru tau...
    ide bagus tuh! ^_^

    BalasHapus
  9. Betul mbak, demi keamaanan kita harus rela keluar uang...

    BalasHapus
  10. semoga dengan penggantian ini akan meminimalisir resiko kehilangan dari ATM

    BalasHapus
  11. Thanks Inponya Mbak Nchi..

    BalasHapus
  12. Wah menarik informasinya ! :D

    Saya tapi ingin bertanya, estimasi biaya 2 triliun untuk replacement sumber nya darimana ya?

    BalasHapus
  13. estimasi berdasarkan berita dari koran nusa Bali, edisi 20 agustus 2010

    BalasHapus

About