Senin, 07 September 2009

All About Ungu

Ungu adalah warna yang lembut, Salah seorang temanku mengatakan bahwa warna ungu adalah sebuah warna misterius, lambang melankolis yang lembut, sedikit feminim dan karena itu dia menyukainya. Mulai dari dinding kamar sampai mobilnya berwarna ungu, tapi kalau band ungu, ngg.. keknya tidak deh.

Di Indonesia warna ungu identik dengan warna janda. Sebuah sumber mengatakan bahwa warna ungu merupakan kombinasi warna biru dan merah. Ungu adalah royalti. Misterius warna, ungu adalah terkait dengan kedua bangsawan dan spiritualitas. Kebalikan dari panas dan dingin, merah dan biru bergabung untuk menciptakan warna menarik ini.

Sebuah mitologi mengatakan bahwa Pantone telah memilih warna Blue Iris (Pantone 18-3943) sebagai 2008 Color of the Year mengatakan kepada kita: "Menggabungkan stabil dan menenangkan aspek biru dengan mistik dan kualitas spiritual ungu, Blue Iris memenuhi kebutuhan akan kepastian dalam dunia yang kompleks, sambil menambahkan sedikit misteri dan kegembiraan. "

Bukti arkeologi paling awal bagi asal-usul pewarna ungu menunjuk ke peradaban Minoan di Kreta, sekitar 1900 SM Kuno tanah Kanaan (yang sesuai nama Yunani Phoenicia, yang berarti "negeri ungu") adalah pusat dari industri pewarna ungu kuno.

"Tyrian Purple," pewarna ungu dari yang disebutkan dalam teks-teks kuno datang kembali ke sekitar 1600 SM, dihasilkan dari lendir dari kelenjar hypobranchial berbagai jenis moluska laut, terutama Murex. Butuh beberapa kerang 12.000 untuk mengekstrak 1,5 gram pewarna murni. Legenda memberikan penemuannya kepada Herakles, atau lebih tepatnya untuk anjingnya, yang mulutnya berwarna ungu dari mengunyah bekicot sepanjang Levantine pantai. Raja Phoenix menerima jubah berwarna ungu dari Herakles dan menetapkan penguasa Phoenicia harus mengenakan warna ini sebagai simbol kerajaan.

Di Roma, Mesir, dan Persia, warna ungu digunakan sebagai standar kekaisaran. Pewarna ungu yang langka dan mahal, hanya orang kaya memiliki akses kepada mereka. Colorants ungu yang digunakan berasal dari sumber yang berbeda, kebanyakan dari ekstraksi zat warna dari ikan atau serangga.

Dengan penurunan Kekaisaran Romawi, penggunaan "Tyrian Purple" juga menurun, dan produksi skala besar berhenti dengan jatuhnya Konstantinopel pada tahun 1453 M. Saat itu diganti dengan yang lebih murah seperti lumut pewarna ungu dan marah.

Paus Paulus II pada 1464 memperkenalkan apa yang disebut "Kardinal's Purple," yang warna merah tua yang diekstrak dari Kermes serangga. Ini menjadi bahan celup mewah pertama dari Abad Pertengahan.

Ungu adalah campuran warna panas dan dingin, sebagai refleksi dari merah dan biru, karena itu warna ini merupakan refleksi dari kehangatan dan kesejukan. Sebuah ruangan yang berwarna ungu bisa meningkatkan imajinasi anak atau kreativitas seniman, mungkin itu kali ya bikin temanku pintar sekali nulis.

Dalam budaya berbagai negara, warna ungu juga memegang banyak peranan. Seperti di Indonesia, warna ungu identik dengan janda. Di Thailand warna ungu juga merupakan warna berkabung bagi para janda. Ungu juga adalah warna favorit Mesir Cleopatra. Jubah ungu banyak dipakai oleh bangsawan dan orang-orang otoritas atau pangkat tinggi. The Purple Heart adalah hiasan Militer AS diberikan kepada prajurit yang terluka dalam pertempuran.

Nah,kenapa warna ungu diidentikan dengan janda? Dari berbagai sumber aku menemukan sedikit analsis mengenai warna ungu yang memang memberi rasa sensual yg lebih tinggi. Hal-hal yang terkait dengan sensual yg tinggi dengan mudah dikaitkan dengan "janda". Beberapa orang memang mempunyai pemahaman seperti itu sehingga mengkonotasikan bahwa ungu = janda, sehingga orang-orang itu (wanita tentunya) tidak mau memakai warna ungu.

Nah sekarang awal aku suka ungu? Lupa ya, intinya aku suka aja. karena itu waktu Mamak Vitri bikinin ewod, dia nanya apakah benar aku suka ungu dna akhirnya keluar deh ewod ini, tara...
Here is it, the purple award form her. Sankyu Mak...


award ke2 Mocca_chi



N.B. Mak, walau aku ga bisa diminum, aku sebenarnya manis kok. hiii


(Dari berbagai sumber)




36 komentar:

  1. sebenernya pengen (sok) sibuk kerja... tapi ngapling dulu ahh... *masih ga ada emo >.<

    BalasHapus
  2. joe nyamber aja ah >.< jangan jangan kau memata matai blogku ya????

    BalasHapus
  3. kalo cowok suka ungu juga??? apa dia berpotensi jadi janda juga???

    BalasHapus
  4. memata-matai blogmu >.< pittnahhhhh.......

    BalasHapus
  5. masih ga ada emona huuuu.....

    BalasHapus
  6. *ngintip² sebelum kerja serius*

    BalasHapus
  7. ngapain te3ka ngintip2???

    buka berapa jam lagi yah???

    BalasHapus
  8. hehehe waktu aku bareng pacarku nyari baju juga begitu, "ini dik, warna ungu bagus deh", dia bilang, "moh, ngecene...", aku usut kenapa dia bilang begitu, hehehe ternyata warna janda...

    mba..mampir ah, boleh ya

    BalasHapus
  9. selamat atas awardnya nchi.
    baru tau ternyata cerita dibalik warna ungu tuh kayak gitu. ^^

    BalasHapus
  10. wah saya juga suka ungu karena romantis terutama lagunya yang "cinta dalam hati" ntu......!!!

    ??????????????............ini ungu warna ya????

    blognya chi warna ungu latarnya!?!?!

    BalasHapus
  11. ungu seru ni yeee..selamat deh..anda layak mendapatkannya. he he he...ungu..warna raja tapi juga warna janda. ironis banget deh.

    BalasHapus
  12. Weleh, ada mitologi'x juga rupanya...
    Hmmm, kalo saya sih lebih suka biru ketimbang ungu, wkwkwkwkwk....
    Selera orang beda2 sih :D

    BalasHapus
  13. Jadi tau nih sejarah warna ungu...

    BalasHapus
  14. Award buatan mamak fitri keren juga yah chi,... selamat yah.

    BalasHapus
  15. Eleh...bilang aja ini pledoi coz blog-mu didominasi warna ungu :P
    Aku lumayan suka juga siy, tapi tetep aja ITEM jadi warna favorit akyuhh :P

    BalasHapus
  16. tadi tika lagi sibuk kerja joe...



    **padahal yah tika cuma baca perahu kertas dr pagi, mumpung g ada mami**

    BalasHapus
  17. nchiiiiiiiiiiiiiiii...aku suka awardnya lho....heehehheeheh

    BalasHapus
  18. ungu itu bagus loh...
    soalnya warna faveku
    seterah orh mo blg warna janda, buat gw itu warna misterius :D

    BalasHapus
  19. wah-wah udah dipajang ya nchi.....

    BalasHapus
  20. ealaaahhhh begono toh ungu ntu..... xixixixi soale ane gak suka ungu.... hohohohoho

    BalasHapus
  21. cuman mau negesin aq tetep gak suka ungu, aq bukan janda.... wuakakakakakak kabur ajah dech sebelum digeplak nchi.... :D

    BalasHapus
  22. eh iya gugel belum balikin PR ya nchi.... huhuhuhu

    nchi dimanakah dirimu gerangan.....

    BalasHapus
  23. Meskipun aku suka warna ungu, tidak identik suka janda kan???

    BalasHapus
  24. waduh suka nya kok warna janda yah heheeheheeeee

    BalasHapus
  25. ungu itu bagus kok... palagi ewotnya... spesial pulak.. kereen!!

    BalasHapus
  26. Wow ...hebat nih. Jadi tahu banyak tentang ungu
    Yang aku bingung nih ..kok warna ungu diidentikan dengan janda sech ...
    Knapa ya ?.

    BalasHapus
  27. Ungu adalah campuran warna panas dan dingin jadi kalau gitu bisa dikatakan warna ungu adalah warna hangat-hangat kuku

    BalasHapus
  28. Survey warna ungu sampe sebelum masehi, wow...

    BalasHapus
  29. Wew,,,, So Sweet.. Jadi KepingiN nh letakIn award Nya Neng di Blog Saya...

    BalasHapus
  30. Ada award nih mbak...
    diambil yaaaa

    BalasHapus
  31. ck ck ck.. dimana-mana kembali musim ewot iia?!??! mameett mammeettt iia nchi ^_^

    BalasHapus
  32. warna ungu bagus kok .. saya termasuk salah satu yang suka ungu .. bukan warna favorit sih .. sebatas suka saja ..
    kadang ada benda/orang yang memang sangat menarik jika dibalut warna ungu ..
    takut diledekin warna janda ? gak tuh .. ^_^

    Mengembalikan Jati Diri Bangsa

    BalasHapus
  33. ungu.....
    yeah... aku juga suka ungu.. produkku ungu juga lho.. heheh

    BalasHapus
  34. Aq beli kreta xeonrc ungu..asal uda brenti ada aja yang bilang "janda ya" mamax saya emang status nya janda karna ayah meninggal kena stunami...langsung aja ku jawab sampai saat ini qt belum punya masalah jangan cari masalah dengan bawa bawa status mamak aq..langsung dia diam dengan mulut terbuka dan nampak bodoh..dalam hati aq tersenyum...karna aq tw maksud dia bukan itu......hahaha adak aja cerita serru dengan ungu...

    BalasHapus