Senin, 17 November 2008

Mencari Ide itu....?

Apa-apa saja yang kamu lakukan untuk mencari ide?

saya mungkin punya cara teraneh, dan juga membahayakan. biasanya ide itu datang sendiri, rata-rata sih begitu. namun, kadang ide itu bisa langsung ngilang saat sudah mendekati kepala, gara-gara si otak penuh. Hahaha, yakin semua orang juga sering ngalamin begitu.

Hal pertama yang bikin saya dapat ide yaitu:
Dengerin curhat teman. hal ini efektif banget, disamping karena kita punya refrensi masalah dan konflik, kita juga bisa memposisikan diri seakan-akan kita sendiri yang menghadapinya. itu penting untuk memperkuat karakter dalam tokoh.

lalu, mengawasi gosip-gosip atau isi sekitar. pada jaman saya, setiap pulang kampung kadang ada berita baru yang diceritakan Ibu atau kakak ipar. berita ini biasanya seputar gosip dan berita heboh yang terjadi. kadang sih, saya tidak bisa langsung 'memakannya' mentah-mentah, yang penting sementara taruh di otak dulu, lagi-lagi untuk referensi.

seringkali mendapat ilham itu dari mimpi. Iyah, kadang sih mimpi itu aneh-aneh, tidak nyambung atau samar-samar. namun kadang yang saya manfaatkan adalah 'feel'nya. jika dalam kehidupan nyata saya tidak pernah di kejar-kejar orang misalnya, nah dalam mimpi saya bisa merasakan takut dan paniknya dikejar orang, apalagi jika ditambah kaki ga bisa jalan karena-karena tidur kita kakinya ketekuk.

pernah juga sekali dari ide karakter yang saya inginkan. saya ngotot ingin membuat karakter itu, lalu mulai merangkai alur lanjutan serta karakter-karakter pendukung yang kira-kira cocok dengan karakter tersebut.

Nah yang paling sering akibat dari kegemaran ngayal. mungkin karena sifat kali ya, saya suka ngayal dari umur belasan. dan disana, iya sih, tidak dapat ide, tapi lumayan untuk melatih imajinasi.

inti utama untuk dapat ide, mungkin kita harus menyisakan ruang kosong dalam otak. membiarkan imajinasi berlari-lari, menari, berjalan, menyeret-nyeret tokoh lain dan juga, tentunya menghadirkan sebuah adegan yang kadang layak untuk dijual. dalam kasus saya, parahnya hal itu baru dapat terjadi pada dua keadaan, yaitu pada saat berkendara dan sebelum tidur.

Rawan kecelakaan sih sebenarnya untuk keadaan pertama, tapi syukurnya sampai saat ini baik-baik saja (semoga tetap baik-baik saja kekeke). dan untuk keadaan kedua, itulah sebabnya saya sering kena insomnia dadakan, tidak bisa tidur sampai jam 3 pagi dan akhirnya mendengus-dengus frustasi sambil mukulin kepala karena ga mau berhenti berpikir. tapi yah... semua kan ada resikonya, wkwkwkwkw




^ ^

7 komentar:

  1. wah, aku suka kebanjiran ide tuh. saking banyaknya ampe berlomba2 mau duluan muncul tuh ide. gimana dunk?

    BalasHapus
  2. dari baca buku, denger lagu, ngobrol sama teman

    BalasHapus
  3. Waaah bisa di coba tuh cara cari ide nya...hehehehehe

    BalasHapus
  4. keknya jiwa penulisnya masih ada di sini hihi...

    setuju ma buwel (lagi)...

    BalasHapus
  5. kalau berkendara biasanya aq juga gitu..... kadang pas lampu merah sedikit2 berimajinasi gituh..... wkekekekekek

    BalasHapus
  6. Biasanya ketemu ide kalau lagi di tengah jalan.... pas sampe dirumah ilang deh...

    BalasHapus
  7. Atau idenya biasa muncul dalam mimpi,
    pas lagi bangun ilang deh...

    BalasHapus