Selasa, 21 September 2010

10 Tips untuk Kencan Pertama

Kencan pertama? menyenangkannya. Tetapi pasti pastinya deg deg an, senang, cemas. Aduh... yang jelas, campur campur. Banyak hal yang memungkinkan kita terlalu banyak berpikir, grogi adalah salah satunya. Menurut Sarah Abell, seorang ahli dalam masalah relationship yang banyak membantu pasangan di Amerika mengatakan bahwa intinya adalah bersantai, menikmati diri sendiri dan jangan terlalu banyak menganalisa kejadian yang akan terjadi. Terlepas dari pertanyaan apakah kita cocok sama orang itu, yang penting adalah kencan pertama anda adalah yang terbaik. Nah, bagaimana memastikan bahwa kencana pertama yang akan kita dapatkan nanti adalah kencan yang terbaik? Inilah saran dari Sarah Abell:

1. Hati-hati memilih tempat
Jika kamu yang memilih, usahakan memilih tempat yang kamu tahu dan kamu menyukainya. Tempat makan merupakan pilihan yang paling layak, karena segelas minuman di bar atau cafe yang tenang, makan malam atau makan siang cepat dan sebentar di tempat kecil yang kamu kenal bisa menjalin keakraban diantara kalian, sekaligus mengalihkan rasa kikuk dan hening. Keuntungan kencan pertama yag singkat dan sederhana adalah jika kamu tidak menyukainya kamu bisa mempersingkat waktu, istilahnya menghindar karena dia mungkin saja aslinya berbeda dari yang kamu harapkan. Tetapi jika kamu menyukainya, kamu bisa menetapkan tanggal lain dan rencana yang lebih matang untuk selanjutnya.

Coba hindari tempat-tempat yang sangat bising hingga tidak bisa mendengar satu sama lain, di bioskop karena tidak bisa bicara banyak satu sama lain, acara olahraga kecuali kalau kamu dan dia sama sama suka, atau di rumah karena kamu belum mengenal dia jadi itu sangat beresiko. Jika kamu sudah mengenal dia dan cukup yakin kalau dia juga menyukaimu, maka saatnya untuk sesuatu yang lebih romantis. Tetapi ingat, jangan berlebihan.

2. Berusaha
Sediakan 'makanan' terbaikmu. Berusahalah lewat penampilanmu, tanpa sebuah usaha sangat mustahil kalau dia yang kamu ajak kencan akan mengenalimu keesokan harinya jika ketemu di jalan. Berusaha dalam hal ini bisa menunjukan bahwa kamu peduli dan ingin membuat kesan yang baik. Rambut yang tidak dicuci, kebersihan yang buruk atau pakaian yang belum diganti bisa membuat sebuah kencan hanya berhenti sampai disana. Walaupun mungkin kamu ingin menunjukan diri kamu apa adanya, tetapi ingat, jangan tunjukan dirimu yang jorok itu, karena  bagi dia kesan pertama itu penting. Dia adalah orang yang belum mengenalmu jadi belum tentu bisa menerimamu apa adanya. Berkorbanlah dulu, tampilkan kesan yang baik. Satu hal utama, kalau kamu cepat mabuk, hindari alkohol.

3. Bersikap Baik
Terserah dia tertarik padamu atau tidak, cobalah untuk bersikap baik. Kamu tidak akan rugi apa-apa namun itu akan membuat sebuah kesan yang baik dan menyenangkan orang yang kamu ajak kencan.

Ada dua orang Amerika bernama Jack dan Susan. Di awal hubungan mereka, Jack mengatakan sesuatu kepada Susan. "Aku tidak tahu apakah kita akan menikah di masa depan, tetapi aku ingin memperlakukanmu dengan baik sehingga jika kita berpisah suatu hari nanti dan kamu menikah dengan orang lain, aku bisa melihat lelaki itu, menjabat tangannya dan berkata: 'Ini adalah Susan, aku merawatnya dulu untuk anda'".

Mengatakan hal seperti ini tidak disarankan pada kencan pertama, tapi bukankah akan fantastis jika orang-orang memiliki hidup yang lebih baik setelah bersamamu? Ini berarti bahwa memperlakukan dia dengan baik, penuh perhatian dan menjaganya juga berarti menjaga diri sendiri.

Bersikap baik semacam itu bukan berarti bohong atau memberi harapan palsu. Tapi hindari mengatakan bahwa kamu akan menelpon dan tidak sabar bertemu dia lagi kalau kamu tidak berniat melakukan itu.

4. Tinggalkan beban emosional Anda di rumah
Jika kamu memiliki masalah besar yang sedang kamu hadapi, termasuk urusan keluarga dan sebagainya, pada saat kencan pertama, tinggalkan hal itu di rumah. Terlalu banyak beban emosional tidak pernah membuat kamu terlihat menarik. Kencan pertama itu seperti wawancara pertama di sebuah perusahaan, adalah kesempatanmu untuk menekankan poin-poin terbaik yang kamu miliki, bukan untuk menarik perhatian dia atas kelemahan-kelemahan yang kamu miliki. Namun jika dia menanyakan pertanyaan langsung seperti "Apakah kamu pernah menikah, maka tentu saja jawabannya adalah yang sebenarnya.

5. Jadilah dirimu sendiri
Biarkan orang lain melihat kamu yang sebenarnya. Kencan pertama adalah bukan saat yang tepat bagi kamu untuk mencoba menjadi orang yang ingin kamu inginkan, atau orang yang diinginkan oleh dia. Kamu nggak mau kan kalau dia jatuh cinta pada dirimu yang palsu,kan?! Tapi balik ke tips 2, jadi diri sendirinya dalam hal-hal tertentu, bukan pada berpenampilan kusam seperti biasanya.

6. Jangan mendominasi pembicaraan
Jika kamu saja yang berbicara, terutama tentang diri kamu sendiri, itu menunjukan bahwa kamu tidak tertarik pada teman kencanmu. Orang lain akan tersanjung dan merasa istimewa jika kamu meluangkan waktu untuk mendengarkan dia, bertanya dan meminta mereka bicara. (baca tips memilih pasangan hidup yang tepat)
Sama sekali tidak berbicara tentang diri sendiri juga tidak bagus, sangat baik jika dia juga dapat kesempatan untuk mempelajari dan tahu tentang kamu, hal ini juga agar pembicaraan lancar dan nyambung. Namun cobalah dan pastikan bahwa kamu mendengarkan lebih banyak, daripada berbicara lebih banyak.

7. Jangan lupa sopan santun
sopan santun yang buruk sama sekali tidak menarik dan cenderung mengganggu kencan kamu. Pastikan kamu datang tepat waktu dan jika kamu akan terlambat untuk alasan apapun, biarkan dia tahu. Matikan teleponmu atau pasang silence jika kamu sedang menunggu telpon super penting (yang jauh lebih penting daripada pacar heheheh) dan ingat katakan "terimakasih".

Kamu bisa melihat bagaimana seseorang itu dari cara mereka memperlakukan pelayan atau ketika orang itu merespon kemacetan lalu lintas atau antrian. Jadi jangan hanya bersikap sopan pada dia, tetapi pada orang lain.

8. Jangan berpura-pura menjadi apa pun yang bukan dirimu sendiri.
Kadang untuk membuat si dia terkesan, kamu kadang tergoda untuk membesar-besarkan, berdandan berlebihan atau biasa berbohong. Kamu mungkin lolos jika setelah kencan pertama ini tidak ada kelanjutan, tapi bagaimana jika hubunganmu dengan si dia tidak berakhir secepat itu? Malu dong ketahuan.
Jadi, jika kamu benci sepak bola, jangan katakan bahwa tidak ada hal yang lebih menyenangkan untuk mengisi malam minggu daripada nongkrongin liga indonesia. Kadang kita lupa kalau kita berbicara sesuatu di masa lalu, nah jika ternyata yang kita katakan dulu itu bohong, apakah kita akan ingat kalau kita pernah berbohong?

9. Jangan membuat penilaian yang cepat
Kesan pertama bisa menyesatkan. Cobalah untuk tidak menilai orang pada pertemuan pertama. Luangkan waktu untuk mengenal dia. Jika kamu tidak yakin dengan seseorang, mungkin kamu perlu dua atau tiga kali pertemuan sebelum benar-benar memutuskan (wew... yang ini mantaf bangetsss ) Cobalah untuk tidak terlalu cepat menilai atau terlalu rewel atau kaku tentang apa yang kamu cari dalam seorang calon pasangan.

Cobalah fleksibel, karena mungkin ada sesuatu dari dia yang bisa membuat kamu tergila-gila, hanya saja tidak terlihat waktu pertemuan pertama. Jangan terlalu kaku dengan kata kriteria, karena kamu mungkin saja kehilangan.

10. Jangan terburu-buru.  
Luangkan waktu untuk mengenal orang lain sebelum terlalu terlibat secara emosional atau secara fisik dengan mereka. Jangan terlibat secara emosional terlalu cepat. Mengatakan "Aku cinta padamu" pada kencan pertama sangatlah tidak romantis - ini mengerikan. kecuali kamu sudah mengenal dia sejak lama.

Ngg.. yah itulah tipsnya, benar ga nya bisa dicoba. tetapi note penulis: tips ke 9 ini harus dicoba, harussss.

8 komentar:

  1. Abis nonton bisa kok ngomong banyak.. :)

    BalasHapus
  2. nomor 10 itu biasanya berlaku bagi yg dah dewasa hehehe

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas tipsnya ya
    Nanti aku praktekkan pas kencan pertamaku deh
    Masalahnya, sebelum kencan aku udah ribuan kali bilang I Love You gimana dong
    ahahahahha..

    Nchi, aku melirik advertisement di samping
    ternyata kalo yang pasang blognya cewe
    pasti diletakkan tersembunyi
    heeheh

    BalasHapus
  4. wahh...saya sudah pernah mengalami kencan pertama dan alhamdulillah sukse...hihihihi
    tapi boleh juga deh tips'nya buat kencan-kencan berikutnya :)

    BalasHapus
  5. btw, bukannya kesan pertama itu sering menggoda, makanya tisp ke-9 tuh penting bwt diperhatikan

    BalasHapus
  6. info yang menarik...:D
    www.seemeagain.com

    BalasHapus