Rabu, 06 Oktober 2010

Tips Berhenti Menjadi Pencemburu Buta

Cemburu, penyakit atau tanda cinta?

Rancu. Setiap orang bisa mengalami ini. Kecemburuan dapat menjadi emosi yang berbahaya - koktail beracun yang berbentuk posesif, iri hati dan ketidakpercayaan. Jika tidak diatasi, kecemburuan bisa mengancurkan hubungan setiap orang.

Kadang kecemburuan itu bisa menjadi satu sinyal bahwa memang ada yang tidak beres dari hubungan, walau yang tidak beresnya itu relative, bisa jadi dari pasangan atau kita sendiri yang terlalu berlebihan dalam menanggapi perilaku pasangan. Tetapi secara umum, cemburu itu menganggu kita, dan juga pasangan. Walau kadang bermanfaat, hehehehe MySpace

Cemburu yang berlebihan itu yang patut dienyahkan. Pertama jika kita yakin bahwa perasaa cemburu kita sama sekali tidak rasional. Nah, kadang kan ada itu yang namanya cemburu buta, cemburu yang tidak rasional. Maka jika kita sudah menyadari bahwa cemburu kita irasionl, maka kita sudah bisa masuk ke tahap pertama untuk tips berhenti untuk menjadi pencemburu berlebihan berdasarkan saran dari relationship expertnya telegraph.co.id, Sarah Abel. Heheh.. maklum, yang punya blog juga belum ahli soal beginian, jadi sementara ambil tips orang lain dulu, ya itung-itung sama sama belajar MySpace

Nah, jika kita sudah tahu bahwa cemburu kita tidak rasional, apa yang harus kita lakukan? Hal pertama memang adalah mengakui bahwa emosi negative kita bisa membuat kita sengsara dan setelah itu kita harus melakukan sesuatu untuk mengatasi kesengsaraan ini. Cara selanjutnya adalah kita bisa menantang proses berpikir kita sendiri. Jika kita percaya bahwa perasaaan kita tidak rasional, ini bisa membantu kita untuk bermain dengan logika. Cobalah menuliskan semua pikiran tidak rasional kita ke dalam satu kolom, dan pikiran yang rasional kita dalam kolom lainnya.

Misalnya, kolom pertama kata “Dia ingin bersamanya daripada bersamaku” lalu kolom kedua bisa dituliskan “Dia lebih ingin bersamaku daripada dia”. Kemudian di kolom ketiga, tuliskan bukti untuk mendukung pernyataan dari kolom kedua. Sebagai contoh, kita bisa melihat bahwa dia telah memilih kamu daripada dia untuk jadi pacarmu. Itu bukti yang nyata bukan?!

Ulangi latihan untuk semua pikiran tidak rasional kita, hal ini juga untuk menggugah sisi baik si dia untuk kembali ditunjukan pada diri kita. Bisa jadi juga karena sudah lama pacaran, maka hal-hal baik si dia ketutup sama hal buruk.

Dengan mengubah cara berpikir maka perasaan kita juga diharapkan akan mengikuti perubahannya. Jika hal ini juga kurang berhasil, kita bisa minta bantuan seorang teman yang berkepala dingin, yang bisa memikirkan situasi tertentu dengan cara yang normal, bukan emosional seperti kita. Hal ini bisa membantu kita untuk tidak bereaksi secara berlebihan.

Ketiga, berhentilah memanjakan kegelisahan kita. Ketika si dia sibuk misalnya, atau diam tidak menelpon karena urusan tertentu, pastikan saja kita punya banyak kegiatan yang sudah direncanakan sehingga kita tidak hanya duduk sendiri di rumah dengan imajinasi yang berjalan dan berkembang secara liar.

Dan katanya lagi, yang paling penting, jangan buang waktu dengan membanding diri kita dengan orang yang kita cemburui. Hal ini sangat subjektiv dan memiliki efek mendalam lebih dari kelihatannya. Orang yang ada cemburui itu mungkin saja cantik, tapi siapa tau dia terlalu kurus, terlalu menuntut atau memiliki tawa yang menjengkelkan. Jika kamu ingin membuat diri lebih menarik, stop membanding-bandingkan dan fokuslah pada usaha bagaimana kamu bisa lebih nyaman dan aman dengan diri sendiri. Tidak benar kalau kita mengharap ada orang lain yang akan berjuang untuk hubungan kita, selain diri kita sendiri.

Uhuhuhu… gitu katanya, ada yang mau mencoba untuk berhenti menjadi pencemburu? MySpace kalau ada, mari gabung sama yang punya blog, kita bikin milis STOP CEMBURU DEH PLEASE MySpace

11 komentar:

  1. cemburu tanda cinta mungkin, tapi kalo udah berlebihan dan tanpa alasan yang jelas itu udah masuk tipe posesif >.<

    BalasHapus
  2. cemburu?? kelaut aja.. ato kehutan.. hehehehe...

    BalasHapus
  3. wah aku dulu termasuk posesif berat, untung skrg sudah sembuh hehe..intinya segala sesuatu jgn berlebihan aja :)

    BalasHapus
  4. aku cemburu sekali liat kyuhyun di dekati cewek2 cantikkkkk >_<

    BalasHapus
  5. hehee.tapi kadang2 perlu cemburu juga lho. sbg bumbu cinta. asal jgn lebay aja. hehe

    BalasHapus
  6. komen yg sama di FB,
    lagi cemburu ya nchiiiiiiiiii.. qiqiiqiqi
    Advertise di kolom kanan kok berbau2 eksotis yak?
    *sengaja?

    BalasHapus
  7. cemburu buta?!?!?!?............cari coba donor mata biar gak "buta" lagi heheheheheh

    TIPS dari orang yg menang taruhan dari pemilik blog ini......gyahahahahahah

    BalasHapus
  8. Cemburu yg bkin buta??? mankx ada y...???
    (he..he..) kalo ane seh nd papa yg pting tetep proporsional...

    BalasHapus
  9. Waduh tersindir aku sob, tapi nggak apa-apa lah thank ya sob atas tispnya :)

    BalasHapus
  10. hai, salam kenal..
    cemburu itu menurutku sifat bawaan sih.. ketika ada seseorang yang kita sayang mulai "aneh-aneh", spontan pasti rasa cemburu itu muncul..

    oh ya, aku suka lowh sama title kamu diatas itu.. "bintang utara", ngingetin aku sama my someone special.. :P

    nice to meet you.. :)

    BalasHapus